1. Konsultasi Asuhan Mandiri pemanfaatan TOGA dan akupresur 2. Pembinaan penyehat tradisional 3. Pembinaan kelompok Asuhan Mandiri 4. Pelayanan Akupuntur 5. Pelayanan pijat Baduta
1. Penyuluhan kesehatan lansia di posyandu/posbindu 2. Pemeriksaan kesehatan lansia (TD, cek GDA, Asam Urat, Kholesterol) 3. Kunjungan rumah untuk deteksi dini lansia risiko tinggi
1. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di sekolah/ masyarakat 2. Pemeriksaan gigi dan mulut 3. Rujukan kesehatan gigi dan mulut
Pencegahan dan pengendalian penyakit diare, ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas), Penyakit Kusta, penyakit TBC, Penyakit Menular Seksual dan HIV/AIDS, penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue), penyakit Malaria, penyakit Rabies, penyakit Hepatitis, Penyakit Tidak Menular, Penyakit Jiwa, Pelayanan imunisasi, Pengamatan penyakit (surveilans),
1. Konseling/ klinik sanitasi 2. Inspeksi rumah sehat 3. Inspeksi kesehatan lingkungan dalam gedung dan luar gedung 4. pengambilan sampel air minum dan air bersih 5. pengambilan sampel air limbah 6. Inspeksi depot air minum 7. Pembinaan desa ODF dan STBM 8. Pembinaan tempat pengelolaan pangan 9. Inspeksi tempat fasilitas umum 10. Pengelolaan sampah infeksius dan non infeksius
Peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada daur kehidupan serta pencegahan dari segi gizi, Perubahan sikap dan perilaku untuk menerapkan perilaku gizi seimbang
1. Mendapatkan penjelasan tentang pemeriksaan laboratorium yang akan dilakukan 2. Mendapatkan tindakan yang diperlukan 3. Mendapatkan pemeriksaan laboratorium sesuai permintaan pada formulir pemeriksaan laboratorium 4. Mendapatkan formulir hasil pemeriksaan laboratorium
1. Peningkatan pengetahuan tentang penyakit dan cara pencegahannya 2. Perubahan sikap dan perilaku untuk menerapkan pola hidup sehat
1. Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien serta mendapatkan penyuluhan /KIE 2. Mendapatkan tindakan yang diperlukan 3. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.
1. Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien serta mendapatkan penyuluhan /KIE 2. Mendapatkan tindakan yang diperlukan 3. Mendapatkan resep oleh dokter atau petugas sesuai dengan diagnosis dan lama pengobatan 4. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan
1. Penyediaan obat racikan dan non racikan 2. Pemberian informasi obat, konseling, dan pelayanan informasi obat.
1. Mendapatkan pertolongan gawat darurat 2. Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien serta mendapatkan penyuluhan /KIE 3. Mendapatkan tindakan yang diperlukan 4. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan
1. Mendapatkan penjelasan tentang kondisi pasien serta mendapatkan konsultasi /KIE 2. Mendapatkan resep obat atau PMT jika diperlukan
1. Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien serta mendapatkan penyuluhan /KIE 2. Mendapatkan tindakan yang diperlukan Pelayanan ibu hamil, Pelayanan ibu nifas dan neonatus, Pelayanan Imunisasi, Pelayanan KB, Pelayanan IVA dan SADANIS, Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Calon Pengantin 3. Mendapatkan resep oleh dokter sesuai dengan diagnosis. 4. Mendapatkan surat keterangan sakit apabila diperlukan. 5. Mendapatkan surat keterangan sehat apabila meminta surat keterangan sehat. 6. Mendapatkan surat keterangan hamil apabila diperlukan 7. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.
1. Dental health Education (DHE) 2. Pemeriksaan gigi dan mulut 3. Pramedikasi 4. Pencabutan gigi anak 5. Pencabutan gigi dewasa tanpa penyulit 6. Penambalan gigi anak sederhana 7. Penambalan gigi dewasa sederhana 8. Perawatan saluran akar sederhana 9. Insisi abses intraoral 10. Pembersihan karang gigi 11. Rujukan internal maupun eksternal (bila diperlukan)
1. Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien serta mendapatkan penyuluhan /KIE 2. Mendapatkan tindakan yang diperlukan 3. Mendapatkan resep oleh dokter sesuai dengan diagnosis. 4. Mendapatkan surat keterangan sakit apabila diperlukan. 5. Mendapatkan surat keterangan sehat apabila meminta surat keterangan sehat. 6. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.
1. Nomor rekam medis untuk setiap pasien 2. Dokumen rekam medis pasien