Pelayanan Tuberkulosis (TB)

No. SK: 100.3.3/115/438.5.2.2.30/2024

  1. Membawa KTP/KK, kartu BPJS (bila ada)

  • Pasien Kunjungan Baru
    1. Petugas memanggil pasien dan mencocokkan identitas pasien
    2. Petugas melakukan anamnesa, pengukuran tekanan darah dan pengukuran BB di ruang TB
    3. Bagi pasien baru yang berkunjung di luar hari pelayanan TB, maka pasien diperiksa dan diberi pengobatan sesuai keluhan. OAT dan pemeriksaan laboratorium dilakukan saat hari pelayanan TB.
    4. Petugas melakukan cek lab HIV dan GDP untuk pasien TB positif yang belum pernah cek HIV dan GDP
    5. Petugas memberikan penjelasan tentang dosis OAT sesuai kategori pengobatan OAT, kepatuhan minum obat, cek dahak di bulan pengobatan ke-2, ke-5 dan ke-6, serta penjelasan skrining untuk kontak erat pasien TB
    6. Petugas memberikan kartu TB 02 (bagi pasien yang belum punya) untuk jadwal kunjungan ulang pengambilan OAT
    7. Petugas memberikan resep dan mengambil OAT ke farmasi
    8. Melakukan dokumentasi dan mencatat di SITB
  • Pasien Kunjungan Lama
    1. Petugas memanggil pasien dan mencocokkan identitas pasien
    2. Petugas melakukan anamnesa, pengukuran tekanan darah dan pengukuran BB di ruang TB
    3. Petugas memberikan OAT sesuai kategori pengobatan OAT dan memberi edukasi kepatuhan minum obat TB
    4. Petugas mencatat di kartu TB 02 untuk jadwal kunjungan ulang pengambilan OAT
    5. Melakukan dokumentasi dan mencatat di SITB

≤ 40 menit

1. Bagi pasien BPJS Kesehatan, biaya sesuai dengan ketentuan BPJS Kesehatan yang berlaku.

2. Bagi pasien umum (non BPJS Kesehatan), tarif disesuaikan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

1. Jasa pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien serta mendapatkan penyuluhan /KIE 2. Jasa tindakan yang diperlukan 3. Resep obat 4. Surat Rujukan bila diperlukan

1. Surat yang ditujukan kepada

Kepala Puskesmas Tambakrejo

Jalan Tambak Sari No. 8, Tambak Rejo, Kecamatan Waru, Kode Pos 61256

2. Telepon : 031-99693401

3. Kotak Saran di Puskesmas

4. Tautan https://bit.ly/KotakSaran_PKMTambakrejoSidoarjo

5. Email : puskesmastambakrejo.sda@gmail.com

6. Instagram: @pkm_tambakrejo

7. Google Review Puskesmas Tambakrejo Sidoarjo

8. Tatap muka dengan petugas puskesmas

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Tuberkulosis (TB)"