Pengesahan STNK dan Pembayaran Pajak 1 Tahunan

  1. STNK
  2. KTP

  1. 1. Wajib Pajak Melakukan Pendaftaran 2. Pemeriksaan dan Penelitian STNK dan nama pemilik yang tercantum dalam KTP 3. Cek data dan Entry ke system 4. Penetapan PKB & SWDKLLAJ 5. Percetakan SKKP (Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran) 6. Memverifikasi SKKP 7. Pembayaran PKB & SWDKLLAJ 8. Pengesahan STNK 9. Penyerahan SKKP & STNK

Jangka waktu mulai dari verifikasi persyaratan dokumen sampai dengan penyerahan STNK dan SKKP maksimal 8 menit.

Berdasarkan :

 a) Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah Provinsi Jawa Tengah.

 b) Pergub Nomor 33 Tahun 2019 tentang Nilai Jual Kendaraan Bermotor Tahun 2019.

 c) Peraturan Gubernur Jawa Tengan Nomor 47 Tahun 2017 Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2017.

1. Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran PKB/BBN-KB, SWDKLLAJ dan PNBP 2. Pengesahan pada STNK

Sarana pengaduan:

 1) Pengaduan tidak langsung: wajib pajak dapat melaporkan pengaduan melalui sarana komunikasi elektronik yang dipunyai dengan alamat yang tertera dibawah ini:

 a. WhatsApp : 085642088882

 b. Instagram : samsat.tegal

 c. Facebook : samsattegall

 d. Twitter : @SamsatTegal

 e. Lapor SP4N : laporgub.jateng.go.id

 f. Email : uppdkotategal@gmail.com

 g. Website : https://web.bapenda.jatengprov.go.id/uppd-kota-tegal


2) Secara langsung

 a. Wajib pajak datang ke samsat menuju bagian informasi kemudian petugas informasi menanyakan permasalah pengaduannya, petugas informasi mengarahkan wajib pajak keruang pengaduan, petugas penanganan pengaduan akan menyelesaikan pengaduan sesuai permasalahannya.

 b. Petugas pengaduan selalu berada di ruang pengaduan. 

 c. Penyelesaian pengaduan 30 menit. 


3) Sistem informasi pelayanan pajak kendaraan bermotor : 

a. Leaflet; 

b. Brosur; 

c. Monitor informasi; 

d. Monitor SAKPOLE; 

e. bapenda.jatengprov.go.id.

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pengesahan STNK dan Pembayaran Pajak 1 Tahunan"