Pelayanan Pemeriksaan Air

  1. Sampel yang dibawa sesuai dengan persyaratan sampel yang dibutuhkan
  2. Mengisi formulir permintaan tender dan kontrak
  3. Melakukan pembayaran sesuai tagihan

Jangka waktu pelayanan untuk pemeriksaan minum secara fisika dan kimia adalah 12 hari kerja dimulai dari saat penerimaan sampel (contoh uji) sampai diterimakannya hasil laporan pengujian kepada pelanggan

Biaya/tarif yang berlaku berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah No 12 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tanggal 23 November 2023. Penggunaan standar baku mutu pada contoh uji akan mempengaruhi harga berkaitan dengan jumlah parameter pemeriksaan yang dilakukan.

Berikut daftar baku yang yang diberlakukan

  1. Baku mutu untuk pemeriksaan air minum secara fisika kimia sebanyak 29 parameter yang tertuang dalam Permenkes RI No. 492.MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, dan biaya pemeriksaan senilai Rp. 1.215.000,-
  2. Baku mutu untuk pemeriksaan air minum secara fisika kimia sebanyak 17 parameter yang tertuang dalam Permenkes RI No. 492.MENKES/PER/IV/2010 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 Tentang persyaratan Kualitas Air Minum, dan biaya pemeriksaan senilai Rp. 695.000,-. Adapun parameter tambahan bagi industri/pengelolaan air minum yang disesuaikan dengan kondisi geohidrologi wilayah dan jenis kegiatan lingkungan sekitarnya seperti karakteristik wilyah kegiatan pertanian/perkebunan/kehutanan; industri; dan pertambangan minyak, gas panas bumi dan sumber daya mineral (harga mulai Rp. 315.000,-)

Pemeriksaan air minum fisika dan kimia

Penanganan pengaduan/keluhan, saran dam masukan melalui :

1.    Penanganan Keluhan melalui Elektronik

2.    Penanganan Keluhan Pelanggan melalui Kotak Saran

3.    Penanganan Keluhan Pelanggan secara langsung

4.    Melakukan Survei Kepuasan Masyarakat

 

Pengaduan/keluhan, saran dan masukan dapat dilakukan dengan prosedur :

1.    Datang langsung/lisan kepada customer service atau tertulis

2.    SMS / WA center No. 0895382979992

3.    Kotak saran


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Pemeriksaan Air"