Pembayaran dan Penyetoran Pajak

  1. Data setoran
  2. Surat Setoran Pajak (SSP), dalam hal pembuatan Kode Billing dilakukan melalui asistensi petugas Bank/Pos Persepsi

  1. Kode Billing, dapat diperoleh Wajib Pajak, melalui aplikasi billing DJP layanan, produk, aplikasi, atau sistem penerbitan Kode Billing yang terhubung dengan Sistem Billing Direktorat Jenderal Pajak yang disediakan, oleh Bank/ Pos Persepsi dan pihak lain yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak, meliputi perusahaan Application Service Provider dan Perusahaan Telekomunikasi. pembuatan kode billing melalui layanan mandiri, dapat diberikan melalui asistensi oleh pegawai Direktorat Jenderal Pajak sesuai dengan penugasannya petugas Bank/Pos Persepsi; atau pengguna (user) tertentu yang mendapatkan persetujuan dari Direktur Jenderal Pajak
  2. Wajib Pajak melakukan transaksi pembayaran atau penyetoran pajak dapat dilakukan melalui teller Bank/ Pos Persepsi, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), internet banking, mobile banking, EDC, sarana lainnya

1.    PPh  Pasal 4 ayat (2)  yang dipotong oleh  Pemotong PajakPenghasilan    harus   disetor    paling   lama tanggal  10   (sepuluh)   bulan   berikutnya   setelah Masa Pajak berakhir,  kecuali  ditetapkan lain  oleh Menteri Keuangan;

2.    PPh   Pasal 4  ayat (2)  yang harus  dibayar  sendiri oleh Wajib Pajak harus disetor paling lama tanggal 15   (lima   belas)   bulan  berikutnya   setelah   Masa Pajak    berakhir,    kecuali ditetapkan    lain    oleh Menteri Keuangan;

3.    PPh    Pasal    4   ayat  (2)    atas  penghasilan    dari pengalihan hak  atas  tanah  dan/atau  bangunan yang dipotong/ dipungut atau yang harus  dibayar sendiri oleh Wajib  Pajak,  harus  disetor  sebelum akta,   keputusan,  perjanjian,   kesepakatan atau risalah   lelang   atas   pengalihan   hak  atas  tanah dan/ atau  bangunan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang;

4.    PPh  Pasal   4   ayat  (2)    atas  penghasilan   yang diterima atau  diperoleh orang pribadi atau  badan dari transaksi penjualan saham di bursa efek yang dipotong  oleh  penyelenggaran  bursa  efek  harus disetor    selambat-lambatnya    tanggal    20   (dua puluh)   setiap   bulan  atas   transaksi  penjualan saham yang dilakukan dalam bulan sebelumnya;

5.    PPh  Pasal   4   ayat  (2)    atas  penghasilan   yang diterima atau diperoleh orang pribadi atau  badan dari  transaksi  penjualan   saham  di   bursa  efek terhadap pemilik saham pendiri harus disetor oleh emiten    atas    nama     pemilik     saham    pendiri selambat-lambatnya:

a.    6  (enam)  bulan setelah  tanggal 29  Mei   1997, apabila        saham        perusahaan        telah diperdagangkan di bursa efek sebelum tanggal tersebut;

b.    1       (satu)     bulan    setelah    saham    tersebut diperdagangkan di  bursa efek,  apabila saham perusahaan   baru  diperdagangkan  di   bursa efek  pada atau  setelah tanggal  29 Mei  1997 tanggal;

6.    PPh  Pasal 15  yang  dipotong oleh Pemotong  PPh harus disetor  paling lama  tanggal  10 (sepuluh) bulan berikutnya setelah Masa Pajak berakhir;

7.    PPh  Pasal  15  yang harus  dibayar sendiri  harus disetor paling lama tanggal 15  (lima belas) bulan berikutnya setelah Masa Pajak berakhir;

8.    PPh  Pasal 21  yang dipotong  oleh Pemotong  PPh harus disetor  paling lama  tanggal  10  (sepuluh) bulan berikutnya setelah Masa Pajak berakhir;

9.    PPh   Pasal  22  yang pemungutannya  dilakukan oleh  kuasa  pengguna  anggaran   atau  pejabat penanda   tangan   Surat    Perintah    Membayar sebagai Pemungut  PPh  Pasal 22, harus  disetor pada   hari    yang    sama   dengan  pelaksanaan pembayaran    kepada   Pengusaha   Kena   Pajak rekanan  pemerintah melalui  Kantor  Pelayanan Perbendaharaan Negara;

10.  PPh   Pasal   22   yang  dipungut  oleh   Bendahara Pengeluaran, harus disetor paling lama 7 (tujuh) hari   setelah   tanggal   pelaksanaan  pembayaran atas   penyerahan    barang   yang  dibiayai  dari belanja   Negara   atau  belanja  Daerah,   dengan menggunakan   Surat  Setoran  Pajak  atas  nama rekanan dan ditandatangani oleh bendahara;

11.  PPh  Pasal  22  yang pemungutannya  dilakukanoleh   Wajib     Pajak     badan   tertentu     sebagai Pemungut  Pajak    harus  disetor    paling   lama tanggal  10  (sepuluh)  bulan  berikutnya  setelah Masa Pajak berakhir;

12.  PPh   Pasal  22,   PPN  atau PPN  dan PPnBM  atas impor  harus  dilunasi bersamaan   dengan  saat pembayaran  Bea  Masuk  dan   dalam  hal   Bea Masuk  ditunda atau  dibebaskan, PPh  Pasal 22, PPN  atau  PPN   dan   PPnBM   atas  impor   harus dilunasi     pada    saat    penyelesaian   dokumen pemberitahuan pabean impor;

13.  PPh Pasal  22,  PPN  atau PPN  dan PPnBM  atas impor  yang  dipungut  oleh Direktorat  Jenderal Bea  dan  Cukai,   harus  disetor   dalam  jangka waktu   1     (satu)   hari   kerja   setelah   dilakukan pemungutan pajak;

14.  PPh  Pasal 23  dan PPh  Pasal  26  yang dipotong oleh  Pemotong  PPh   harus  disetor paling lama PPh  Pasal 25  harus dibayar paling  lama  tanggal

15.  (lima   belas)bulan   berikutnya   setelah  Masa Pajak berakhir;

16.            PPN atau PPN dan PPnBM  yang  terutang dalam satu Masa Pajak harus disetor paling lama akhir bulan berikutnya  setelah  Masa  Pajak  berakhir dan  sebelum  Surat   Pemberitahuan   Masa   PPN disampaikan

17.  PPN  yang terutang  atas  pemanfaatan   Barang Kena  Pajak tidak berwujud  dan/ atau Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean harus disetor oleh orang  pribadi atau  badan  yang memanfaatkan Barang   Kena   Pajak   tidak   berwujud   dan/atau Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean, paling lama  tanggal   15  (lima  belas)  bulan berikutnya setelah saat terutangnya pajak;

18.  PPN  yang terutang  atas  kegiatan   membangun sendiri harus  disetor   oleh   orang  pribadi atau badan  yang  melakukan   kegiatan   membangun sendiri paling lama tanggal 15  (lima belas)  bulan berikutnya setelah  Masa Pajak berakhir;

19.  PPN atau PPN dan PPnBM  yang pemungutannya dilakukan   oleh  Pejabat   Penandatangan   Surat Perintah   Membayar    sebagai    Pemungut    PPN, harus  disetor   pada  hari   yang  sama  dengan pelaksanaan    pembayaran   kepada  Pengusaha Kena Pajak Rekanan Pemerintah melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara;

20.  PPN  atau PPN  dan  PPnBM yang dipungut  oleh Bendahara  Pengeluaran sebagai  Pemungut PPN, harus disetor paling lama 7  (tujuh)  hari setelah tanggal     pelaksanaan      pembayaran    kepada Pengusaha  Kena   Pajak   Rekanan   Pemerintah melalui    Kantor     Pelayanan    Perbendaharaan Negara;

21.  PPN atau PPN dan PPnBM yang pemungutannya dilakukan  oleh  Pemungut   PPN  yang  ditunjuk selain  Bendahara   Pemerintah,   harus   disetor paling    lama    tanggal   15    (lima   belas)    bulan berikutnya setelah Masa Pajak berakhir;

22.  PPh Pasal  25 bagi Wajib Pajak  dengan  kriteria tertentu sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal 3 ayat (3b) Undang-Undang KUP yang melaporkan beberapa   Masa     Pajak     dalam    satu    Surat Pemberitahuan Masa,  harus dibayar paling lama pada akhir Masa Pajak terakhir;

23.  Pembayaran masa selain PPh Pasal 25 bagi Wajib Pajak dengan kriteria tertentu harus dibayar paling lama  sesuai  dengan batas  waktu untuk masing-masing jenis pajak;

24.  Kekurangan pembayaran pajak yang  terutang berdasarkan   Surat    Pemberitahuan   Tahunan Pajak Penghasilan harus dibayar lunas sebelum Surat        Pemberitahuan        Tahunan         Pajak   Penghasilan disampaikan tetapi tidak melebihi batas waktu penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak  Penghasilan

25.  Bea Meterai  harus dilunasi pada saat  terutang Bea Meterai;

26.  Pajak      yang    terutang     berdasarkan      Surat Pemberitahuan  Pajak Terhutang harus  dilunasi paling    lama    6    (enam)    bulan    sejak    tanggal diterimanya     Surat       Pemberitahuan     Pajak Terhutang oleh Wajib Pajak;

27.  Pajak     yang    terutang    berdasarkan      Surat Ketetapan  Pajak PBB  harus dilunasi paling lama 1   (satu)  bulan sejak  tanggal diterimanya  Surat Ketetapan  Pajak PBB oleh Wajib Pajak;

28.  Pajak yang terutang berdasarkan Surat Tagihan Pajak  PBB  harus dilunasi paling  lama  1   (satu) bulan sejak  tanggal diterimanya  Surat  Tagihan Pajak PBB oleh Wajib Pajak;

29.  Surat   Tagihan  Pajak,   Surat   Ketetapan   Pajak Kurang   Bayar,  serta   Surat   Ketetapan    Pajak Kurang Bayar Tambahan, dan Surat  Keputusan Keberatan,      Surat     Keputusan      Pembetulan, Putusan  Banding,    serta   Putusan   Peninjauan Kembali, yang menyebabkan jumlah pajak yang harus  dibayar bertambah, harus dilunasi dalam jangka  waktu   1      (satu)    bulan  sejak   tanggal diterbitkan;

30.  Dalam  hal   Wajib  Pajak  mengajukan  keberatan atas Surat  Ketetapan  Pajak  Kurang  Bayar  atau Surat Ketetapan  Pajak  Kurang Bayar Tambahan untuk  Tahun   Pajak   2008    dan   sesudahnya, jangka waktu untuk  jumlah  pajak yang belum dibayar pada saat  pengajuan keberatan sebesar pajak  yang  tidak  disetujui  dalam pembahasan akhir   hasil   pemeriksaan,  tertangguh   sampai dengan  1   (satu)  bulan sejak  tanggal  penerbitan Surat Keputusan  Keberatan;

31.  Dikecualikan    dari   ketentuan,    untuk  jumlah pajak  yang  tidak  disetujui  dalam  hasil pembahasan akhir hasil pemeriksaan baik Sebagian atau seluruhnya, tetapi tidak diajukan keberatan, harus dilunasi dalam jangka waktu 1 (satu) bulan sejak tanggal diterbitkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar atau Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan untuk Tahun  Pajak 2008 dan sesudahnya;

32.  Dalam hal Wajib Pajak mengajukan banding atas Surat Keputusan Keberatan sehubungan dengan Surat Ketetapan  Pajak Kurang Bayar atau  Surat Tahun    Pajak   2008  dan   sesudahnya,   waktu tertangguh sampai dengan 1   (satu)  bulan sejak tanggal penerbitan Putusan

Tidak dipungut biaya

Kode Billing dan Bukti setor berupa Surat Setoran Elektronik (SSE)

Segala jenis  pengaduan   layanan   dapat  disampaikamelalui saluran resmi pengaduan:

1.Telepon:  (021)  134;  1500200

2. Faksimile:  (021)  5251245

3. Email:  

    pengaduan.itjenu1

    Kemenkeu.go.id:

    pengaduan@pajak. go. id

4. Twitter:  @kring_pajak

5. Website:  

    www.lapor.go.id;

    www.wise.kemenkeu.go.id

    www.pengaduan.paiak.go.id

6. Chat pajak:  www.pajak.go.id

7. Surat     atau    datang   langsung     ke     Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakaatau unit kerja lainnya.


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pembayaran dan Penyetoran Pajak"