Pelayanan Konseling Sanitasi

No. SK: 100.3.3/25/438.5.2.2.14/2024

  1. Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran
  2. Pasien sudah dilakukan rujuk internal pada aplikasi siKUAT oleh layanan lain di Puskesmas Prambon

  • Bagi Pasien yang mendaftar langsung di loket pendaftaran
    1. Pasien melakukan antrian di ruang tunggu depan layanan konseling sanitasi
    2. Petugas memanggil pasien/klien masuk ke layanan konseling sanitasi
    3. Petugas melakukan wawancara dan konseling: ? Petugas mengisi data umum pasien termasuk alamat lengkap ? Petugas melakukan wawancara dan tanya jawab untuk mencari faktor penyebab penyakit pasien/ klien ? Petugas mengisi hasil wawancara dan tanya jawab kedalam cheklist panduan wawancara ? Petugas mengetahui dan menetapkan faktor-faktor penyebab penyakit dari lembar wawancara ? Bila ditemukan kelainan atau penyakit penyerta dan diperlukan tindakan dan intervensi lebih lanjut pasien dapat dirujuk ke layanan ISPA ? Petugas memberikan penyuluhan terkait faktor sanitasi lingkungan yang menjadi kemungkinan penyebab penyakit pasien dengan metode Konsultasi, Informasi dan Edukasi (KIE) ? Memberikan brosur kesehatan lingkungan terkait penyakit pasien (bila perlu) ? Petugas bersama pasien menetapkan jadwal kunjungan rumah pasien untuk inspeksi sanitasi rumah (bila perlu)
    4. Pasien pulang
  • Bagi pasien yang dilakukan rujuk internal oleh layanan lain di Puskesmas Prambon ke layanan Konseling Sanitasi
    1. Pasien menunggu diruang tunggu depan layanan Konseling Sanitasi
    2. Petugas memanggil pasien/ klien masuk ke layanan konseling sanitasi
    3. Petugas melakukan wawancara dan konseling: ? Petugas menerima pasien yang diduga menderita penyakit yang berbasis lingkungan yang dirujuk dari layanan pemeriksaan umum, layanan KIA, layanan TB paru ? Petugas mengisi data umum pasien termasuk alamat lengkap ? Petugas melakukan wawancara dan tanya jawab untuk mencari faktor penyebab penyakit pasien/ klien Petugas mengisi hasil wawancara dan tanya jawab kedalam cheklist panduan wawancara ? Petugas mengetahui dan menetapkan faktor- faktor penyebab penyakit dari lembar wawancara ? Bila ditemukan kelainan atau penyakit penyerta dan diperlukan tindakan dan intervensi lebih lanjut pasien dapat dirujuk kembali pada layanan yang merujuk ? Petugas memberikan penyuluhan terkait faktor Sanitasi lingkungan yang menjadi kemungkinan penyebab penyakit pasien dengan metode Konsultasi, Informasi dan Edukasi (KIE) ? Memberikan brosur kesehatan lingkungan terkait penyakit pasien (bila perlu) ? Petugas bersama pasien menetapkan jadwal kunjungan rumah pasien untuk inspeksi sanitasi rumah(bila perlu)
    4. Pasien diminta untuk kembali ke layanan sebelumnya

≤ 15 menit

Tidak dipungut biaya

KONSELING KESEHATAN LINGKUNGAN

1. Penyampaian langsung

2. Kotak saran

3. Telepon: 031-8974735

4. Whats App: 0896-5363-2667

5. E-mail: pkm.prambon@gmail.com

6. Website: puskesmasprambon.sidoarjokab.go.id

7. Google review: puskesmas prambon

8. Facebook: puskesmas prambon

9. Instagram: @puskesmasprambon_sidoarjo


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Konseling Sanitasi"