Mengenal Nefroblastoma, Tumor Ginjal Langka pada Anak

05-09-2018 - Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad — Pemerintah Provinsi Riau

Tumor ginjal merupakan salah satu gangguan pada sistem perkemihan manusia yang bisa menyerang anak-anak. Kondisi tumor ginjal pada anak merupakan kondisi yang cukup langka.

Akibatnya, ginjal akan mengalami gangguan dalam kinerjanya karena keberadaan jaringan kanker atau tumor yang tumbuh dan mengganggu anatomi saluran kemih, khususnya di organ ginjal. Ada juga yang menyebut penyakit ginjal pada anak ini dengan istilah nefroblastoma.

Dokter Bedah Anak RSUD Arifin Achmad, dr. Tubagus Odih, SpBA, mengatakan, pada dasarnya, penyebab dari tumor ginjal pada anak ini belum diketahui secara pasti

Namun beberapa faktor utama dari penyakit ini bisa dikenali. Seperti kelainan sejak di dalam rahim. Misalnya mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin yang tidak normal, sehingga menyebabkan pertumbuhan jaringan saat anak dilahirkan dan berusia balita.

Kemudian masalah genetik atau keturunan. Ada beberapa kasus kanker ginjal pada anak yang diturunkan dari orangtuanya atau dari keluarganya ke anak. Hal ini disebabkan karena adanya pertumbuhan atau mutasi sel yang akan berkembang menjadi jaringan tumor yang tidak terkendali.

Ia mengimbau kepada seluruh para orangtua, apabila menemukan benjolan di perut atau bagian lain pada anaknya untuk segera memeriksakan ke dokter yang ahli di bidangnya.

"Jika memang ada benjolan, kita akan memastikan diagnosis apakah benjolan itu suatu tumor atau kondisi lainnya," kata dr. Odih.

Selanjutnya jika terbukti tumor, akan ditentukan jenis tumornya dan dilakukan penanganan lebih cepat atau lebih dini untuk memberikan prognosis yang bagus kepada pasien. *

Bagikan berita melalui