RSUD AA Menuju SISMADAK, Hemat, Akses Cepat dan Akurat

29-08-2018 - Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad — Pemerintah Provinsi Riau

RSUD Arifin Achmad (AA) tengah mempersiapkan diri beralih dari sistem konvensional menjadi Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK). Artinya seluruh dokumen tidak lagi dibuat, disimpan dan dilihat kembali secara manual, tetapi sudah menggunakan teknologi informasi.

SISMADAK memudahkan Pokja-Pokja dalam Tim Akreditasi melakukan check and re-check kelengkapan dokumen ketika Survey Simulasi maupun Telusur Dokumen persiapan penilaian Akreditasi Rumah Sakit dengan menggunakan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS).

Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RSUD Arifin Achmad, M Yusuf, mengharapkan seluruh komite atau kelompok kerja di RSUD AA mampu menguasai penggunaan SISMADAK ini.

 

 

"Karena sistem ini nantinya juga diwajibkan untuk seluruh rumah sakit di Indonesia yang mengikuti akreditasi," terang M Yusuf saat membuka Workshop 'Peran SISMADAK dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit", di Ruang Serbaguna RSUD AA, Rabu (29/8/2018).

File-file regulasi maupun dokumen disimpan dalam sebuah format dan dikumpulkan dalam folder-folder berdasarkan Pokja. Lalu melalui aplikasi ini dapat dicari dengan mudah dan ditampilkan Preview nya, sehingga dapat langsung dicetak ataupun dicetak ulang (jika dokumen hilang atau terselip).

Ada banyak keuntungan menggunakan sistem ini. Diantaranya menghemat tempat penyimpanan penyimpanan dokumen dokumen dan biaya kertas.

 

 

Menghemat waktu karena kemudahan pencarian pencarian data kembali. Kemudian menghemat waktu Staff RS untuk melakukan melakukan pencarian dokumen yang diminta dan disajikan kepada Surveior pada saat akreditasi.

M Yusuf berharap agar seluruh peserta bisa dengan cermat dan serius mengikuti workshop tersebut. "Karena sistem ini akan dipakai ke depannya untuk jangka panjang, lebih mudah, hemat dan akurat," jelas M Yusuf. *

Bagikan berita melalui