Kontrol Keliling Area Branggang, Deteksi Dini Gangguan Kamtib di Lapas Narkotika Langkat Kanwil Kemenkumham Sumut

17-08-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Langkat — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA UTARA

LANGKAT – Untuk memastikan situasi kondisi Lembaga Pemasyarakatan tetap aman dan kondusif ditengah berlangsungnya Upacara Hari Kemerdekaan NKRI ke -78, Karupam Alpha melaksanakan pengawasan dengan kontrol keliling area branggang, Kamis (17/082023).

Kontrol ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtib selama berlangsungnya acara Peringatan Hari Kemerekaan Ke-78 di lingkungan Lapas. Pengecekan kondisi fisik branggang ini dilakukan guna mengecek kondisi fisik bangunan, dinding pagar terluar, dan teralis besi, sebagai antisipasi upaya pelarian dari Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Langkat. Sehingga jika terdapat kondisi sarana dan prasarana keamanan yang sudah tidak baik di laporkan kepada atasan agar selanjutnya dapat dilaksanakan tindakan perbaikan.

Kontrol ini juga dilaksanakan untuk mengecek kondisi keamanan dan kebersihan di area branggang agar mencegah adanya benda atau barang-barang terlarang dan berbahaya di branggang. Hal ini sebagai antisipasi terhadap barang terlarang yang sifatnya lemparan dari luar yang dapat menyebabkan ganggunan keamanan dan ketertiban di Lapas Narkotika Langkat.

Diketahui kontrol keliling daerah rawan dan branggang rutin dilaksanakan oleh Kepala Regu Pengamanan setiap harinya setiap 2 jam sekali. Hal ini dilaksanakan sesuai perintah Kalapas Narkotika Langkat dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS), bahwa salah satu dari tiga kunci Pemasyarakatan Maju adalah deteksi dini.


Bagikan berita melalui