Peringatan Hari Kemerdekaan: Kalapas Bondowoso Ikuti Upacara di Alun-Alun, Lapas Bondowoso Gelar Upacara Bendera Secara Terpisah

17-08-2023 - LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB BONDOWOSO — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA TIMUR

Bondowoso, (17/8) - Momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di Kabupaten Bondowoso dirayakan dengan semangat tinggi. Puncak perayaan diawali dengan upacara bendera di alun-alun kota, dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Kalapas Bondowoso, Bupati Bondowoso, serta Forkopimda. Namun, tak hanya di alun-alun, Jajaran Lapas Bondowoso juga menggelar upacara bendera secara terpisah yang diikuti oleh para warga binaan.

Dalam upacara bendera di alun-alun, suasana kebersamaan begitu terasa ketika Kalapas Bondowoso, Dian Artanto, bersama dengan Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, serta unsur Forkopimda turut hadir ikuti prosesi pengibaran bendera Merah Putih. 

Di tempat yang sama, Bupati Bondowoso menegaskan arti pentingnya kemerdekaan dan tugas kita untuk mewujudkan cita-cita proklamasi. "Kemerdekaan bukan hanya tentang bebas dari penjajahan, tapi juga tentang mampu memajukan bangsa ini menuju masa depan yang lebih baik," tegas Bupati Salwa Arifin.

Namun, perayaan tak hanya terjadi di alun-alun kota. Lapas Bondowoso juga turut serta dalam merayakan hari kemerdekaan dengan menggelar upacara bendera di dalam area Lapas. Para warga binaan dengan khidmat mengikuti upacara ini sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan bangsa.

Kalapas Bondowoso, Dian Artanto, menyatakan bahwa upacara tersebut adalah wujud partisipasi warga binaan dalam perayaan nasional. "Kami ingin menunjukkan bahwa meskipun berada dalam situasi tertentu, semangat kebangsaan tetap ada di dalam hati setiap narapidana. Mereka juga ingin memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," ujarnya.

Perayaan Hari Kemerdekaan di Kabupaten Bondowoso tahun ini menjadi ajang untuk memperkuat rasa kebersamaan dan nasionalisme di tengah-tengah masyarakat, tak terkecuali di kalangan warga binaan. Semangat untuk bersatu dan membangun bangsa terus menggelora, diiringi dengan harapan agar Indonesia dapat terus maju dan sejahtera di masa yang akan datang.

Bagikan berita melalui