Lapas Kotapinang Kanwil Kemenkumham Sumut laksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 dengan tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju

17-08-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kotapinang — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA UTARA

Kotapinang - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kotapinang melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tepat pukul 07.30 WIB, bertempat di Lapangan Lapas Kotapinang yang dipimpin oleh Kalapas, Edison Tampubolon, selaku Inspektur upacara (17/8/2023).


Hari kemerdekaan Indonesia ke-78 ini mengusung tema " Terus Melaju Untuk Indonesia Maju " yang diartikan mencerminkan semangat dan tekad bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan. Tema ini juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet, yaitu saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama. Tema ini juga mengingatkan bahwa perjuangan bangsa Indonesia belum berakhir dan masih banyak tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan bersama-sama.


Kegiatan diawali dengan Penghormatan kepada Pengibaran Bendera Merah Putih oleh seluruh Petugas dan Peserta Upacara kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Proklamasi dan Pancasila serta Pemberian Penghargaan Satyalancana Karya Satya oleh Kepala Lapas Kelas III Kotapinang, Edison Tampubolon selaku Inspektur Upacara. Kamis (17/08/2023).



Dengan dibalut pakaian adat daerah dari seluruh Indonesia, Kalapas Kotapinang, membacakan amanat Menteri Hukum & HAM bagi seluruh Pegawai pada upacara hari ini. "Teladani nilai nilai kejuangan para Pahlawan dalam kehidupan nyata, implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, selalu berpikir positif, jujur, adil, teguh pendirian, disiplin, beretika dalam pergaulan, semangat gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Tanamkan rasa ikut memiliki dan cinta tanah air, selamat berjuang dan selamat berkarya". ujar Edison Tampubolon menyampaikan amanat Menteri Hukum dan HAM.



Selanjutnya Menteri Hukum dan HAM menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada para pegawai penerima Penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX. " Selamat kepada para pegawai Penerima Penghargaan, jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus berprestasi dan menjadi contoh teladan yang baik"


Warga Binaan yang mendapatkan remisi pada hari ini juga diberikan amanat langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, "Kepada warga binaan pemasyarakatan yang menerima remisi tunjukkan sikap dan perilaku yang baik dalam mengikuti program pembinaan, jadilah pribadi yang taat hukum dan norma-norma kemasyarakatan untuk kehidupan yang lebih baik.” ujar Edison Tampubolon menyampaikan amanat Menteri Hukum dan HAM.



Inspektur Upacara yang kali ini mengenakan pakaian adat tetap tampak gagah. Gerakannya pun tidak canggung, dihadapannya komandan upacara juga mengenakan pakaian PDU I dibalut khas adat. Barisan pejabat struktural yang berdiri di tepi lapangan tampak menawan dengan pakaian adat. Sedangkan para staf yang menjadi peserta upacara juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Semuanya berpadu serasi dalam Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78.

Bagikan berita melalui