sebanyak 46 Narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Weda diberikan hadiah pemotongan masa tahanan alias remisi umum dihari kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023

17-08-2023 - Rumah Tahanan Kelas IIB Weda — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI MALUKU UTARA

WEDA, 17 Agustus 2023 Sebanyak 34 orang Narapidana (Napi) Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Weda mendapatkan kado atau pemotongan masa tahanan alias remisi umum dihari kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023

Pengusulan pemberian remisi umum pada hari kemerdekaan RI ke 78 tahun ini berdasarkan surat keputusan menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kepala Rutan Kelas IIB Weda, Nurchalis Nur mengatakan ,sebanyak 34 orang kita usulkan untuk mendapat remisi pada perayaan HUT RI ke 78.Pengumuman akan disampaikan sebelum atau pada saat hari H HUT RI nanti.

“Kita dari rutan maupun lapas seluruh Indonesia sifatnya mengusulkan bagi napi yang berhak mendapat remisi umum , remisi HUT RI ke 78 tahun 2023” ungkap Nurchalis Nur saat dikonfirmasi wartawan.

Lanjut Karutan, remisi diberikan kepada narapida berkelakuan baik dan sepanjang mereka memenuhi syarat sebagaimana ketentuan yang berlaku. Selain itu, remisi juga menjadi hak para Napi.

Dia menjelaskan, remisi yang diberikan kepada narapidana berbeda. Besaran remisi sesuai dengan masa tahanan yang sudah mereka jalani. Diantara mereka ada diberikan remisi paling kecil 1 bulan dan remisi paling besar 5 bulan,”tambahnya.

Remisi 5 bulan sebanyak 3 orang, remisi 4 bulan 7 orang, remisi 3 bulan sebanyak 9 orang, remisi 2 bulan sebanyak 6 orang dan remisi 1 bulan sebanyak 9 orang total 34 orang napi.

Adapun napi yang mendapat remisi dalam kasus perlindungan anak 16 orang, kasus pemerkosaan 3 orang, kasus Narkotika 7 orang, kasus laka lantas 3 orang, kasus pencurian 4 orang dan kasus kekerasaan berat 1 orang,” katanya.

“Untuk kasus korupsi dirutan tahun ini tidak mendapatkan remisi alias nihil.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) remisi umum akan di laksanakan pada hari Kamis 17 Agustus 2023 di pendopo falcino Weda dan langsung diserahkan oleh penjabat bupati Halteng Ikram M Sangadji selesai acara bendera,” tutupnya.(ril)


Bagikan berita melalui