WORKSHOP LITERASI DIGITAL DALAM RANGKAIAN PEKAN PELAYANAN PUBLIK 2023

16-08-2023 - Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar — Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

WORKSHOP LITERASI DIGITAL DALAM RANGKAIAN PEKAN PELAYANAN PUBLIK 2023

Dalam rangkaian Pekan Pelayanan Publik 2023, BKIPM Makassar melaksanakan Workshop Pelayanan Publik dengan tema Literasi Digital dan Data Menuju Keterpaduan Pelayanan Publik yang diikuti oleh seluruh pegawai secara tatap muka dan daring pada tanggal 15 Agustus 2023. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman pegawai dalam literasi digital dan pemanfaatan data untuk pelayanan publik. Adapun narasumber pada kegiatan ini Sukirno Kasau, S.Kom, M.Kom yang berprofesi sebagai pengajar di salah satu perguruan tinggi kota Makassar.

Pada kesempatan tersebut, narasumber menyampaikan literasi digital memiliki 4 pilar yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital dan budaya digital. Pentingnya literasi digital salah satunya adalah efisiensi pelayanan dan aksesibilitas layanan dimana masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan publik secara online. Orang yang memiliki literasi digital yang baik dapat mengerti bagaimana menggunakan platform dan situs web yang disediakan pemerintah untuk mendapatkan informasi. Beberapa inovasi teknologi di bidang pelayanan publik antara lain big data, Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Selain materi, narasumber juga menyampaikan video edukasi tentang pentingnya keamanan data digital di ruang publik.

Bagikan berita melalui