Karutan Majene Hadiri Acara Puncak Festival Sipamandar di Hari Jadi Majene 2023

16-08-2023 - RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB MAJENE — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SULAWESI BARAT

RutaNe_Info, MAJENE - Festival Sipamandar 2023 yang dipusatkan di Stadion Prasamya Mandar Majene memasuki acara puncak yang digelar Kamis Malam, 15 Agustus 2023. 

Kepala Rutan Majene, Mansur menghadiri langsung event kebudayaan yang digelar tiap tahun tersebut. Event itu bertujuan untuk menguatkan marwah kebudayaan Mandar yang mana menurut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rustam Rauf hal itu sejalan dengan amanat UU Nomor 45 Tahun 2017.

“Festival Sipamandar ini adalah bagian Program Indonesiana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek)” sebutnya. 

Bupati Majene, Andi Syukri Tammalele saat menyampaikan sambutan menyebut bahwa Festival Sipamandar ini merupakan revitalisasi mandar lampau yang diadopsi dan dibudayakan saat ini. 

Dirinya kemudian melanjutkan "Kebudayaan harus dipertahankan dan Majene ini adalah pusat Mandar, kenalkan budaya kita sembari meningkatkan perekonomian Majene". 

Karutan Majene, Mansur yang Duduk berseblahan dengan Kadisbudpar, Rustam Rauf mengatakan "Mandar sangat kaya akan budaya olehnya itu sangat wajar jika harus di kenalkan luas ke masyarakat"

"Kami dukung segala program pemerintah dan khusus Festival ini kami salut, bangga dan apresiasi". tutup salah satu Kepala UPT Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulbar itu. 

Adapun beberapa kebudayan yang ditampilkan antara lain, elo-elong peondo, pertunjuka api-api, tarian mandar, kalindaqdaq, dan lain-lain. 

Turut hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Majene, Aris Munandar, Forkopimda, Pimpinan OPD, Instansi Vertikal, tokoh agama dan tokoh adat serta tamu undangan lainnya. (am) @Kumham_Sulbar 

@NewsKemenkumham #KANWILKEMENKUMHAMSULBAR #KanwilSulbar #KumhamSulbar #Yasonna #Parlindungan @Parlindungan_01

Bagikan berita melalui