Ujian Dan Pentupan Keterampilan Barber Klien Bapas

16-08-2023 - Balai Pemasyarakatan Kelas II Merauke — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI PAPUA

Pada hari Senin tanggal 21 Maret 2023 pukul 11.00 WIT bertempat di Aula Bapas Merauke, Dilaksanakan penutupan kegiatan keterampilan Barber bagi klien Bapas Merauke. Kegiatan kemandirian ini diperuntukkan bagi klien Bapas Merauke yang menjalani bebas bersyarat dan dilaksanakan selama enam hari, yaitu mulai 15 Maret 2023 sampai dengan 21 Maret 2023. Kegiatan diselenggarakan oleh Bapas Merauke yang bekerjasama dengan Pokmas Lipas Kuvi Barbershop yang mana salah seorang pengelolanya merupakan mantan klien dari Bapas Merauke. Pengelola tersebut yang selanjutnya dijadikan instruktur bagi para klien Bapas Merauke selaku peserta. Kegiatan pelatihan kemandirian ini diikuti oleh enam orang klien Bapas Merauke yang mempunyai ketertarikan dan juga bakan dalam bidang pangkas rambut.

setelah diadakan pelatihan selama enam hari, pada hari terakhir dilakukan pengujian terhadap para peserta berupa kegiatan memangkas rambut bagi para petugas Bapas maupun Lapas Merauke. Dari hasil ujian tersebut panitia kegiatan Bapas Merauke memberikan hadiah berupa perlengkapan alat pangkas rambut kepada peserta yang dinilai mempunyai keahlian terbaik. meskipun demikian, peserta lain pun tetap mendapat perlengkapan peralatan pangkas rambut yang diharapkan akan dapat menjadi modal kedua mereka setelah keterampilan yang diajarkan.

pada saat penutupan acara, Kepala Bapas Merauke menyampaikan agar kegiatan pelatihan keterampilan pangkas rambut ini dapat bermafaat bagi para klien Bapas Merauke yang mengikuti, dan nantinya dapat menjadikan mereka mempunyai penghasilan yang baik dari pangkas rambut. Di samping itu, Kepala Bapas juga berharap agar pelatihan keterampilan seperti ini maupun pelatihan keterampilan di bidang lain dapat terlaksana di waktu berikutnya agar pemasyarakatan dapat mencetak manusia yang lebih baik dan bermanfaat sekembalinya menjalani pidana di Lapas.

Bagikan berita melalui