MAKSIMALKAN LAYANAN KESEHATAN BERSAMA DINKES BERAU DAN KLINIK TIRTA, RUTAN TANJUNG REDEB RONTGEN SELURUH WARGA BINAAN

16-08-2023 - Rumah Tahanan Negara Tanjung Redeb — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

Selasa, 15 Agustus 2023 - WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) laksanakan pemeriksaan organ dalam melalui Rontgen yang terlaksana di klinik Rutan Tanjung Redeb. Giat yang menggandeng Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Berau dan Klinik Tirta bertujuan untuk memeriksa dan mengetahui gejala penyakit TB (Tuberkulosis). 

 “Bersama Dinkes Berau dan Klinik Tirta, Kita laksanakan pemeriksaan kesehatan WBP yang nantinya akan terselenggara selama 4 hari kedepan,” Terang Kepala Rutan Tanjung Redeb, Puang Dirham. 

 “Ini sudah hari ke-2 pelaksanaan, Kita laksanakan sebanyak 200 orang WBP perharinya,” Lanjutnya.

Kepala Rutan Tanjung Redeb, Puang Dirham menerangkan, Jika ada ditemukan tanda atau gejala TB di lingkungan Rutan Tanjung Redeb, Maka akan ditindak lanjut sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku. 

 “Kita semua berharap semua (WBP) dalam keadaan sehat,” Harapnya.

“Tapi jika terdeteksi adanya gejala TB, Maka kita akan terapkan prosedur kesehatan kepada WBP yang terdampak TB sesuai dengan arahan dari Dinkes Berau,” Ucap Puang.

Dr. Bevi Ayu Kumala Wardani selaku petugas yang memeriksa hasil rontgen WBP menerangkan terkait tindak lanjut bagi WBP yang memiliki gejala TB.

“Jika ada yang memiliki gejala TB nanti kita akan lakukan TCM (Tes Cepat Molekuler),” Terang Dr. Bevi Ayu Kumala Wardani.

Selaras dengan Kepala Rutan Tanjung Redeb, Dr. Bevi Ayu Kumala Wardani berharap, Jika ada yang terdampak gejala TB maka akan segera di tindak lanjut untuk di obati.

“Jika hasil pemeriksaan nantinya ada yang terkena TB segera ambil tindakan untuk memisahkan area dengan mereka (WBP) yang masih steril,” Harapnya.

Bagikan berita melalui