Direktorat KMEI-BBPOM di Denpasar Pertajam MONEV Implementasi Sampling, Pengujian, Pengawasan Iklan dan Penandaan Obat di Bali

15-08-2023 - Balai Besar POM Denpasar — Unit Pelaksana Teknis [lev I]

Denpasar (10/08). Dalam rangka optimalisasi pengawasan mutu obat beredar oleh BPOM, Tim Direktorat Pengawasan Keeamanan, Mutu, Ekspor Impor (KMEI) Obat dan Napza Badan POM RI melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sampling dan Pengujian Obat Tahun 2023 yang diikuti petugas BBPOM di Denpasar dan Loka POM Buleleng. Monitoring dan evaluasi juga dilakukan terhadap implementasi pengawasan iklan dan penandaan obat beredar di wilayah kerja BBPOM di Denpasar. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, 8-10 Agustus 2023, bertempat di Aula Bima BBPOM di Denpasar.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Pemeriksaan, Desak Ketut Andika Andayani, dilanjutkan dengan pemaparan secara panel oleh Tim Direktorat Pengawasan Keamanan, Mutu, Ekspor Impor Obat dan Napza BPOM RI terkait Monev sampling dan pengawasan iklan/penandaan obat & Napza BBPOM di Denpasar tahun 2023 dan terakhir diskusi.

Selain pembahasan monev, dihari kedua dilaksanakan observasi lapangan oleh tim BBPOM Denpasar beserta Tim Direktorat Pengawsan KMEI terkait implementasi sampling, pengawasan iklan dan penandaan serta kendala yang dihadapi di lapangan saat proses sampling maupun pengawasan iklan dan penandaan.

Hari terakhir, dilakukan pemaparan hasil observasi kegiatan sampling dan pengawasan iklan oleh Tim Direktorat Pengawasan Keamanan, Mutu, Ekspor Impor Obat dan Napza dilanjutkan dengan diskusi dan sesi tanya jawab serta masukan terkait kendala-kendala yang dihadapi oleh petugas Balai saat proses perencanaan, pelaksanaan, maupun pelaporan sampling dan pengawasan iklan dan penandaan obat.

“Dengan adanya monitoring dan evaluasi serta pendampingan oleh Tim Direktorat Pengawasan KMEI, petugas Balai dapat melakukan pengawasan mutu obat beredar di wilayah kerja BBPOM di Denpasar secara optimal melalui kegiatan sampling dan pengawasan iklan/penandaan”. Tutur Desak Andika saat menutup acara. (KIKI/EKA)

BBPOM di Denpasar


Bagikan berita melalui