KOORDINASI REHABILITASI DAN REMEDIASI LINGKUNGAN

15-08-2023 - Dinas Lingkungan Hidup — Pemerintah Kab. Buleleng

Rabu, 9 Agustus 2023
Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup melalui Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda melaksanakan kegiatan Koordinasi terkait Rehabilitasi dan Remediasi Lingkungan melalui Program Kali Bersih, Pemantauan dan Pemberian Informasi Pencemaran Lingkungan di Kelurahan Astina Kecamatan Buleleng.
Tim diterima oleh Lurah Astina (Bapak I Ketut Alit Raiwaja, SH) didampingi Kepala Lingkungan Petak ( Bapak Made Rai Kertiyasa), Kepala Lingkungan Peguyangan ( Bapak Made Wirayuda Oka) dan Kepala Lingkungan Tengah (Bapak Made Putra Mandala).
Kegiatan diawali dengan pemaparan Program Kali Bersih (Prokasih) oleh Jafung Pedal Ahli Muda Substansi Kerusakan Lingkungan serta menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan koordinasi. Ditambahkan pula oleh Jafung Pedal Pemantauan bahwa Kelurahan Astina merupakan daerah dilintasi oleh Sungai Buleleng yang merupakan salah satu sungai prioritas yg dilakukan pemantauan secara periodik dimana hasilnya akan dilaporkan ke pusat. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif Kelurahan melalui warganya untuk turut menjaga kelestarian Sungai Buleleng dengan tidak merusak dan mencemarinya.
Lurah Astina menurut keterangannya bahwa Kelurahan Astina dilintasi Sungai Buleleng sepanjang 150 meter dengan Kelurahan Kendran di sebelah Selatan dan Kelurahan Banjar Jawa di sebelah Utara. Warga Kelurahan Astina sudah tidak membuang limbah tinja ke sungai dan sejak 2001 bantaran sungai telah dipasang DPT (Dinding Penahan Tanah) atau senderan setinggi 1,5 sampai 2 meter oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida. Untuk pembuangan sampah Kelurahan Astina telah mendirikan Bank Sampah Unit Putra Pandu dengan volume sampah anorganik rata-rata sebanyak 12 ton per tahun, sedangkan untuk sampah organic diangkut ke TPA.
Bank Sampah Unit Putra Pandu sebagai pendukung Program Kali Bersih di Kelurahan Astina memiliki Rumah Pilah di RT Ratnadi III Lingkungan Petak dengan status lahan sewa dengan fasilitas Motor Roda Tiga (1bh), mobil pick up (1bh), Timbangan Besar (1bh), Komputer (1bh), Chain Saw (1bh) dan Pemotong Rumput (1bh).

Bagikan berita melalui