Pekan Pelayanan Publik Balai Besar KIPM Makassar Tahun 2023

15-08-2023 - Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar — Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

Balai Besar KIPM Makassar dalam rangka Pekan Layanan Publik Tahun 2023, Balai Besar KIPM Makassarberkomitmen memberikan pelayanan publik dengan mengedepankan inovasi dan transformasi digital, namun tidak melupakan nilai-nilai kearifan lokal.

Selama Pekan Pelayanan Publik Tahun 2023, petugas pelayanan Balai Besar KIPM Makassar mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar "Baju Bodo". Baju Bodo ini dianggap sebagai salah satu pakaian adat Sulawesi Selatan yang paling pertama dikenal masyarakatnya. Pakaian tradisional ini bahkan disebutkan dalam kitab Patuntung, kitab suci ajaran animisme dan dinamisme nenek moyang suku Makassar. Pakaian adat ini dikenal sebagai pakaian yang sering digunakan saat ada upacara pernikahan, namun kini juga mulai dipakai dalam acara-acara resmi dan perayaan.


Ruangan pelayanan dihiasi dengan dekorasi nuansa yang menonjolkan warna yang lebih cerah pada setiap dekorasi adat bugis Makasssar. Lamming adalah nama dari dekorasi tersebut, lamming sendiri adalah seni jahit yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan, di mana seni ini dibuat oleh masyarakat setempat.

Tujuan utama dari lamming sebenarnya adalah untuk memperindah ruangan atau tempat yang hendak digunakan.

Balai Besar KIPM Makassar berkomitmen memberikan pelayanan publik dengan mengedepankan inovasi dan transformasi digital, namun tidak melupakan nilai-nilai kearifan lokal.

Bagikan berita melalui