SURVEILAN PENAMBAHAN RUANG LINGKUP SNI ISO/IEC 17025:2017 LABORATORIUM PENGUJI BALAI BESAR KIPM MAKASSAR

14-08-2023 - Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar — Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

Akreditasi Laboratorium ISO 17025 adalah standar untuk laboratorium pengujian dan / atau kalibrasi. Dengan adanya akreditasi menegaskan bahwa laboratorium mampu menghasilkan hasil pengujian dan data kalibrasi yang tepat dan akurat. Akreditasi ISO 17025 bertindak sebagai proses tinjauan pihak ketiga yang memberikan jaminan bahwa sistem manajemen mutu laboratorium mutakhir dan memiliki kompetensi teknis yang komprehensif.
Standar ISO 17025 digunakan untuk memverifikasi kemampuan Laboratorium dalam menghasilkan data pengujian dan kalibrasi yang andal, termasuk penanganan dan pengangkutan item pengujian yang tepat.

Sebagai Laboratorium yang telah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025 : 2017, pada tanggal 10 s/d 11 Agustus 2023 Laboratorium Penguji Balai Besar KIPM Makassar melaksanakan survailan terjadwal, asesmen penyaksian (witness) dan juga asesmen penambahan ruang lingkup
KAN sebagai lembaga yang bertugas melaksanakan tugas dan tanggung jawab Pemerintah di bidang Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian menugaskan Prof. Dr. Rosmawaty Paranginangin, MS (Asesor Kepala), Dr. Dra. Romsyah Maryam, M.Med.Sc dan Nurlaila untuk melakukan kegiatan Asesmen di Laboratorium Penguji Balai Besar KIPM Makassar.
Kegiatan ini dibuka oleh ibu Kepala Balai Ir. Sitti Chadidjah, M.Si, Kami sangat berterimakasih akan kehadiran tim KAN, kami percaya bahwa kegiatan ini untuk perbaikan dan penilaian secara obyektif terhadap unjuk kerja yang telah dilakukan Laboratorium, kegiatan Ini membangun kepercayaan pada pelanggan dan memberikan jaminan bahwa laboratorium kami mematuhi standar kualitas yang disyaratkan secara internasional.”

Diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat mengurangi risiko, memungkinkan laboratorium untuk menentukan apakah personel melakukan pekerjaan dengan benar dan sesuai dengan prosedur, perbaikan terus-menerus sistem manajemen laboratorium dan Meningkatkan citra serta meningkatnya kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Bagikan berita melalui