Kanim Tarakan Ikuti Kegiatan Monev Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi Tahun 2023

11-08-2023 - Kantor Imigrasi Tarakan — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

Tarakan - Selasa (8/8), Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarakan, Andi Mario dan jajaran tim reformasi birokrasi mengikuti secara virtual kegiatan Monitoring dan Evaluasi Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi Tahun 2023.

Sekretariat Jenderal Kemenkumham, melalui Biro Perencanaan menyampaikan bahwa akan dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Triwulan I-II Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-11 Agustus 2023. Terdapat 840 satuan kerja Kemenkumham yang akan dinilai pelaksanaan reformasi birokrasinya.

Pada kesempatan ini Biro Perencanaan mengundang Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Reformasi Birokrasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), Agus Uji Hantara.

Terkait evaluasi RB, Agus menjabarkan tahun ini evaluasi akan menggunakan pedoman yang baru yang dituangkan dalam PermenPANRB Nomor 9 Tahun 2023. Pedoman ini telah dibahas dan akan segera disosialisasikan setelah peraturan tersebut diundangkan.

Fokus evaluasi RB sendiri terbagi menjadi dua, yaitu RB General dan RB Tematik. Pada RB General akan dinilai kemajuan perbaikan tata kelola di internal kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Sementara RB tematik akan dinilai sejauh mana perbaikan tata kelola yang dilakukan dapat memberikan dampak nyata kepada masyarakat.

Kementerian PANRB telah melakukan penajaman evaluasi RB dengan lebih mengukur indeks reformasi birokrasi dari sisi dampak kinerja dibandingkan dengan sisi proses yang cenderung bersifat administratif. Pada awal 2023 Kementerian PANRB juga menghentikan kegiatan pengisian Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) bagi instansi pemerintah seiring dengan upaya penyempurnaan terhadap proses penilaian dan evaluasi agar dapat membaca pelaksanaan reformasi birokrasi memberikan dampak nyata.


Bagikan berita melalui