Talk Show Dalam Rangka Pekan Pelayanan Publik BKIPM Ambon 2023

11-08-2023 - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ambon — Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

       Dalam rangka Pekan Pelayanan Publik BKIPM Tahun 2023 dengan tema “Inovasi dan transformasi digital untuk keterpaduan pelayanan publik” Kepala Balai KIPM Ambon, M. HATTA ARISANDI melakukan kegiatan TALK SHOW dengan tema ‘’Dampak tradisi sasi terhadap sumber daya perikanan maluku’’ dengan menggandeng dosen Fakultas ilmu kelautan dan perikanan universitas pattimura Ibu. Dr.Ir. Venda Jolanda Pical, M.Si sebagai narasumber. Kegiatan BKIPM Ambon yang berlangsung di Tribun ambon ini sebagai bentuk mengkampanyekan kearifan lokal yang ada di maluku.

     Seperti yang kita ketahui Sasi merupakan suatu bentuk kearifan lokal masyarakat maluku sejak dahulu kala. sasi merupakan suatu bentuk larangan pengambilan sumberdaya alam tertentu yang benilai ekonomis dalam jangka waktu tertentu dan jika dilanggar maka akan mendapat sanksi adat. Sasi bukan hanya ada pada sumber daya alam yang ada di laut seperti teripang, lola, telur ikan dll, namun juga terdapat sasi pada sumber daya alam yang ada di darat seperti pohon kelapa dll yang bernilai ekonomis yang akan bermanfaat untuk masrakat. 

    Mekanisme sasi berbeda-berda pada setiap daerah adat dan ada kegiatan buka sasi dan tutup sasi sesuai pada negeri adat di Maluku. Balai kipm ambon hadir untuk mengkampanyekan kearifal lokal diharapkan Sistem sasi dapat berjalan dengan baik, lestari sehingga sistem sasi yang sudah ada di maluku dapat di jaga karna sasi memiliki peran penting untuk sember daya ikan dan dengan kelestarian itu tentunya manfaat yang kita dapat secara berkelanjutan hingga anak cucu.

Bagikan berita melalui