Kadiv Pemasyarakatan Apresiasi Perubahan Signifikan Di Rutan Ponorogo

10-08-2023 - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA TIMUR — Sekretariat Jenderal

PONOROGO - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jatim Teguh Wibowo mengapresiasi perubahan signifikan yang terjadi di Rutan Ponorogo. Hal itu diketahui saat menggelar sidak pada Kamis (10/08) di Rutan yang dipimpin oleh Agus Yanto tersebut. 


Perubahan secara signifikan dirasakan sejak menginjakkan kaki di depan rutan. Mulai gapura depan, Halaman parkir, pintu portir hingga blok hunian. “Tampilan Rutan Ponorogo sekarang semakin humanis dan tetap tidak menghilangkan ciri khasnya yang sacral,” terangnya.  

Selain itu, lanjutnya, kini Rutan Ponorogo semakin bersih dan rapi. Hal ini jauh berbeda dengan beberapa bulan lalu saat kadiv pemasyarakatan berkunjung. “Kini tampilan rutan jauh lebih rapi dan tertata,” imbuhnya. 


Dari segi bangunan juga banyak terjadi perubahan, ada pojok kreasi, gazebo kunjungan dan ruang transit bagi tamu yang masih dalam proses pembangunan. Tidak hanya itu Kadivpas juga melakukan pemeriksaan blok sekaligus mengecek aliran pembuangan air yang saat ini sudah lancar dan bersih dari sampah. 


Bahkan tempat mandi yang sebelumnya masih campur antara WBP satu dengan lainnya sehingga sering menimbulkan gatal gatal, saat ini sudah dirubah menjadi shower yang dipasang di kamar mandi umum. 


Untuk dapur sendiri Kadivpas menghimbau agar petugas dapur maupun tamping dapur memiliki kebiasaan yang bersih. Baik sebelum masak maupun setelahnya, area sekitar dan tempat untuk memasak harus segera dibersihkan. “Yang paling utama yakni lantai dapur, kami masih menemukan lantai yang licin, kami harap kedepannya sudah ada perubahan,” ungkapnya. 


Didampingi Karutan Ponorgo, Kadivpas juga menyapa keluarga WBP yang melakukan besukan. Satu persatu keluarga WBP ditanya baik itu mengenai pelayanan petugas hingga apakah adanya pungutan liar di dalam Rutan Ponorogo. (Humas Kemenkumham Jatim)

Bagikan berita melalui