Membangun SDM Berkualitas dengan Kesehatan Mental yang baik di Era Digital

10-08-2023 - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak — Pemerintah Kab. Buleleng

Kamis, 10 Agustus 2023 | Waktu 07.30 WITA - Selesai

Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng menghadiri kegiatan Webinar Kepalangmerahan Nasional Tahun 2023 dengan tema "Membangun SDM yang Berkualitas dengan Kesehatan Mental yang baik di Era Digital" yang diselenggarakan oleh UKM KSR-PMI Unit Undiksha Singaraja secara daring.

Kegiatan ini dikoordinir langsung melalui sambutan Wakil Rektor 3 dari Undiksha Singaraja sekaligus membuka secara resmi, dimana pada kesempatan ini Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng dihadir langsung oleh Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten I Nyoman Riang Pustaka, S.IP bersama Konselor Puspaga Shanti Farica Veronica Marmer, S.Psi selaku narasumber dan fasilitator dalam menyampaikan materi "Meningkatkan Kesehatan Mental di Era Digital: Strategi dan Tantangan" dan materi "Mengelola Stres dan Kesehatan Mental di Era Digital". Dimana kegiatan ini dilaksanakan sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan serangkaian HUT PMI ke-78 UKM KSR-PMI Unit Undiksha Singaraja.

Pentingnya menjaga kesehatan mental di era digital tidak bisa diremehkan. Era digital membawa perubahan besar dalam cara kita berinteraksi, bekerja, dan hidup sehari-hari. Sementara teknologi memberikan manfaat yang luar biasa, seperti kemudahan akses informasi dan konektivitas global, penggunaan yang berlebihan atau tidak sehat dari teknologi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental kita. Strategi untuk mengatasi stress di era digital, yaitu pertama penting untuk membatasi waktu kita untuk bersosialisasi dengan teknologi. Kedua, kita perlu mengatur kualitas tidur/istirahat kita dengan baik. Ketiga, temukan dan fokus pada aktivitas yang menyenangkan bagi diri sendiri. Keempat, komunikasi dengan orang terdekat juga dapat mengurangi tingkat stress. Kelima, dengan mempelajari teknis relaksasi seperti meditasi atau yoga, juga dinilai mampu melepaskan kepenatan kita.

Mengutamakan kesehatan mental di era digital merupakan langkah penting untuk memastikan keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup kita yang semakin terhubung secara digital. 


Bagikan berita melalui