Isi Rangkaian HDKD ke-78, Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel Gelar Tabur Bunga di TMP Puspa Bhakti

10-08-2023 - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA SELATAN — Sekretariat Jenderal

Isi Rangkaian HDKD ke-78, Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel Gelar Tabur Bunga di TMP Puspa Bhakti


DALAM rangka peringatan Hari Kemenkumham Ke-78 Tahun 2023, Balai Pemasyarakatan Kelas II Lahat bersama Lapas Kelas IIA Lahat Kanwil Kemenkumham Sumsel, melaksanakan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Puspa Bhakti Lahat, Rabu (09/08/2023).

Diawali dengan upacara yang dipimpin Kalapas Lahat, Imam Purwanto selaku inspektur upacara, kegiatan tabur bunga berlangsung khidmat. Didampingi Kabapas Kelas II Lahat Perimansyah, upacara yang dipimpin Komandan Upacara, Erlan Suherman dihadiri Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Tertentu Pembimbing Kemasyarakatan dan Pejabat Fungsional Umum serta Staf Pegawai dan Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Lahat dan Bapas Kelas II Lahat yang diketuai Ibu Lisna Herti Perimansyah.

Upacara Tabur Bunga kali ini diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan, mengheningkan cipta kemudian peletakan karangan bunga pada tugu makam pahlawan yang dipimpin oleh inspektur upacara. Kesemuanya tampak khidmat mengikuti jalannya upacara, terutama saat mendengarkan bait-bait doa yang dipanjatkan, berharap dan memohon agar seluruh pegawai Bapas Lahat dan Lapas Lahat dapat lebih semangat dalam menjalankan tugas sebagai bentuk penghargaan dari semangat juang para pahlawan. Setelah selesai sesi upacara, Kabapas Lahat, Perimansyah dan rombongan langsung melaksanakan ziarah dan tabur bunga.

Kabapas Lahat Kemenkumham Sumsel Perimansyah mengatakan kegiatan tabur bunga ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada jasa para pahlawan guna menanamkan nilai-nilai juang dan kerja keras bagi generasi penerus bangsa.
"Upacara di taman makam pahlawan ini sebagai wujud penghormatan kita kepada para pahlawan, khususnya di Kabupaten Lahat yang telah gugur mendahului kita," kata Kabapas.

Melalui upacara tabur bunga ini, Kabapas berpesan agar dijadikan momentum mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang telah gugur berjuang di medan perang dalam mempertahankan kemerdekaan. Banyak nilai moral yang dapat diambil dari pelaksanaan kegiatan ini. Nilai perjuangan para pahlawan dapat diteladani untuk menjalani kehidupan sehari-hari misalnya nilai patriotisme, kerja keras dan tanpa pamrih.
"Saya harap kita dapat selalu meningkat kinerja dengan meneladani sikap-sikap terpuji pahlawan guna mewujudkan Resolusi Kemenkumham Tahun 2023 yang semakin PASTI dan BERAKHLAK," jelasnya. (*)



Bagikan berita melalui