KEMBANGKAN POTENSI WARGA BINAAN SEKALIGUS PERTAHANKAN CIRI KHAS DAERAH NTT, LAPAS PEREMPUAN KUPANG BUKA PELATIHAN MENENUN

09-08-2023 - Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang — KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NUSA TENGGARA TIMUR

Kupang - Pembinaan Keterampilan merupakan salah satu program bagi Warga Binaan Lapas Perempuan Kupang dalam hal ini pelatihan menenun. Selain itu, menenun mampu melestarikan budaya yang menjadi ciri khas daerah. Melihat pentingnya hal tersebut, maka hari ini Rabu (09/08/2023), Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Kupang membuka pelatihan menenun.

Bertempat di Ruang Keterampilan Lapas Perempuan Kupang kegiatan pembukaan ini diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tergabung dalam kegiatan kemandirian menenun. 

Pada pelatihan menenun ini, Lapas Perempuan Kupang bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu Rumah Produksi Tenun Ina Ndao Kupang dengan menghadirkan instruktur secara langsung. 

Adapun tujuan dilaksanakannya pelatihan ini yakni meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan bagi Warga Binaan dan menjadi bekal bagi mereka kelak dikehidupannya yang mandiri di tengah-tengah masyarakat. 

Selesai membuka kegiatan pelatihan ini, bersama 1 (satu) orang instruktur, para Warga Binaan diajarkan berlatih teknik menenun dasar seperti menggulung benang tenun, menghani benang dan mengikat benang untuk membentuk motif daerah serta mengenal motif tenun daerah khas Nusa Tenggara Timur. 

Dalam kesempatan ini, Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik dan Kegiatan Kerja; Septerhani Buky mewakili Plt. Kepala Lapas Perempuan Kupang menyampaikan terima kasih kepada Rumah Tenun Ina Ndao yang telah bekerja sama dengan Lapas Perempuan dalam hal pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan memberikan pelatihan menenun dan semangat kepada para warga binaan. 

Selanjutnya, Beliau pun berharap semoga melalui pelatihan ini dapat menjadi bekal dan pengetahuan bagi warga binaan untuk kehidupan saat kembali ke tengah masyarakat. 

Kontributor : Humas Lapas Perempuan Kupang (AD) 

Bagikan berita melalui