Atensi Penularan TBC, Rutan Klungkung Laksanakan Skrining ACF TBC Untuk Seluruh WBP

09-08-2023 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Klungkung — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BALI

 SEMARAPURA-Bertempat di Ruang Kunjungan Rutan Klungkung, telah dilaksanakan kegiatan Skrining ACF TBC Tahun 2023 bagi WBP Rutan Kelas IIB Klungkung bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung , Puskesmas Klungkung I dan Tirta Medical Centre. 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06- PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi / rentan terhadap penularan / penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas / Rutan. 

Skrining gejala dilakukan oleh petugas kesehatan Rutan Kelas IIB Klungkung. Skrining CXR dilakukan oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC). Kegiatan ini juga didampingi oleh Petugas Kanwil Kemenkumham Bali ,Dinas Kesehatan Klungkung dan Pukesmas Klungkung I. 

Kegiatan Skrining diikuti oleh seluruh WBP Rutan Klungkung yang berjumlah 117 orang. Dalam kegiatan ini dilaksanakan juga Supervisi kegiatan Skrining ACF TBC oleh Tim Supervisi dari Kemenkes Rid an Dirjen Pemasyarakatan. Kegiatan ini sebagai langkah mitigasi Rutan Klungkung terhadap penularan penyakit TBC serta untuk melakukan kontrol kesehatan bagi seluruh WBP. 


#KumhamPASTI #rutanklungkungberani #KumhamSemakinPasti

Bagikan berita melalui