Sasar Berbagai Kalangan Profesi, Kantor Bahasa Provinsi NTB Uji Coba Instrumen Soal UKBI Adaptif Merdeka

09-08-2023 - Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Mataram, 2 Agustus 2023--Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) menjadi salah satu produk unggulan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Untuk menjaga validitas hasil pengujian, bank soal UKBI selalu diperbarui secara berkala. Salah satu tahapan dalam pembaharuan soal ini adalah uji coba instrumen UKBI.

Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka Tahun 2023 dilaksanakan serentak di seluruh Balai dan Kantor Bahasa di Indonesia pada rentang waktu 24 Juli--4 Agustus 2023. Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat jadwal uji pada tanggal 2--3 Agustus 2023. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra ini bertujuan untuk melakukan validasi empiris terhadap soal-soal UKBI yang telah disusun dan dibakukan dalam sidang pembakuan UKBI tahun 2023.

Dalam kegiatan ini, terdapat sepuluh perwakilan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari siswa sekolah menengah, mahasiswa, guru penggerak, dosen, jurnalis, staf KPID, Balitbang, dan kalangan profesional lainnya yang membutuhkan kompetensi berbahasa sebagai standar kompetensi ideal dalam menulis profesi yang diemban. Peserta diminta mengerjakan total 4 paket soal dalam 2 hari pengujian. Pada hari pertama, akan ada 2 paket soal dengan 4 seksi uji yang harus dikerjakan, yakni seksi Mendengarkan, Menjawab Kaidah, Membaca, dan Menulis. Di hari kedua, peserta hanya perlu mengerjakan soal hingga seksi Membaca.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Kasman, M.Hum., Ketua Tim Kerja Teknis menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini adalah upaya Badan Bahasa untuk menjaga integritas dalam mengemban tugas. "Rangkaian uji coba instrumen ini untuk memastikan soal yang nantinya akan masuk dalam soal bank dan diujikan kepada pada peserta untuk betul-betul merepresentasikan kemahiran berbahasa Indonesia yang dibutuhkan. Dengan ini, soal bukan asal jadi. Rangkaiannya panjang sejak inventarisasi soal hingga sidang validasi nanti," ungkapnya sebelum membuka kegiatan. Kasman juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena partisipasi peserta uji coba ini manfaatnya besar bagi ratusan ribu, bahkan jutaan peserta uji nantinya.

Setelah pembukaan dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan terkait tata cara pengujian, baik dari segi teknis perangkat maupun cara menjawab soal. Dalam pengujian ini, peserta tidak mengerjakan UKBI dengan desain uji adaptif, melainkan UKBI dinamis. Uji coba instrumen akan dilaksanakan hingga 3 Agustus 2023.


Bagikan berita melalui