UPGRADE PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN PENCEGAHAN/PENANGGULANGAN HIV/AIDS BAGI WARGA BINAAN, LAPAS PEREMPUAN IKUTI PENYULUHAN SECARA VIRTUAL

08-08-2023 - Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang — KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NUSA TENGGARA TIMUR

Kupang - Dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas petugas kesehatan terkait kesehatan reproduksi dan pencegahan atau penanggulangan HIV/AIDS bagi Warga Binaan di seluruh Lapas/Rutan Perempuan, Lapas Perempuan Kupang mengikuti kegiatan Penyuluhan yang diselenggarakan oleh Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI secara virtual. (Selasa,08/08/2023). 

Bertempat di ruangan Kalapas perempuan kupang, kegiatan tersebut diikuti langsung oleh Plt. Kepala Lapas Perempuan Kupang; Maria M. Nahak dengan didampingi oleh Kepala Seksi Binadik dan Giatja; Septerhani Buky dan Kepala Sub Seksi Perawatan Narapidana dan Anak Didik; Devi Lian beserta 2 (dua) orang Staf Perawatan Lapas Perempuan Kupang. 

Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan dari Pahrudin Saputra selaku Kepala Sub Direktorat Perawatan Kesehatan Dasar, Penyuluhan dan Evaluasi, Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi yang menyampaikan bahwa kegiatan penguatan ini sebenarnya bukan hal yang baru dan karena hal ini juga merupakan hal dasar bagi semua terkait IMS maupun HIV/AIDS yang pernah dilakukan sebelumnya. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengupdate kembali wawasan, perkembangan-perkembangan dan informasi tambahan terkait IMS dan HIV/AIDS. Adapun Narapidana perempuan memang sebenarnya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan Narapidana laki-laki, tetapi yang menjadi catatan kita yaitu tentang kesehatan reproduksi yang khusus mendapatkan atensi tersendiri pada UU Nomor 22 tahun 2022. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting untuk diikuti dengan baik” Ujar Pahrudin. Dengan bertambahnya informasi terbaru terkait IMS dan HIV/AIDS, Beliau berharap para jajaran petugas Pemasyarakatan di Lapas dan Rutan Perempuan dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi Warga Binaan. 

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pencegahan IMS, HIV-AIDS dan Perilaku Berisiko di Lapas dan Rutan Perempuan dari narasumber dr. Bagus Rahmat Prabowo selaku Consultant for Prevention di UNAIDS. 

Terdapat juga pemaparan materi dari Narasumber Kedua yaitu Adhe Zamzam selaku Life Coach and Soft skill trainer di Angsamerah Institution yang memaparkan materi tentang Strategi Promosi dan Komunikasi Kesehatan dalam Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Perempuan. 

Dalam kesempatan tersebut, Adhe menyampaikan tujuan dari strategi komunikasi dalam penyuluhan kesehatan yaitu untuk mencapai tujuan hidup sehat dengan cara mempengaruhi perilaku masyarakat, baik itu secara individu ataupun kelompok dengan menyampaikan pesan. Di akhir kegiatan ini diadakan sesi tanya jawab bagi semua yang hadir dan mengikuti kegiatan tersebut. 

Kontributor : Humas Lapas perempuan kupang (AD) 

Bagikan berita melalui