MONITORING DAN EVALUASI RENCANA KERJA TAHUNAN REFORMASI BIROKRASI TAHUN 2023 MELALUI ZOOM

08-08-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Pangkalpinang — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM BANGKA BELITUNG

Pangkalpinang - Kalapas Perempuan Pangkalpinang, Hani Anggraeni beserta Pejabat Struktural dan jajaran ikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi Tahun 2023 melalui Zoom di Aula Lapas Perempuan Pangkalpinang, Selasa (08/08/2023).

Kegiatan kali ini hadir sebagai narasumber yaitu Agus Uji Hantara, Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Reformasi Birokrasi. Agus menyampaikan bahwa mulai Tahun 2023 melalui PermenPANRB Nomor 9 Tahun 2023 untuk Mewujudkan Birokrasi Berdampak yang mana Pelaksanaan RB diarahkan untuk dapat memberikan kontribusi nyata khususnya pada capaian pembangunan nasional.

“Pada periode 2014-2019 kita fokus membangun komitmen kepatuhan yang menitikberatkan kepada pemenuhan dan administrasi, untuk periode 2020-2024 Pelaksanaan RB tidak hanya membangun komitmen, namun juga melihat perubahan yang dihasilkan pada Tata Kelola Pemerintahan, mulai Tahun 2023 melalui PermenPANRB Nomor 9 Tahun 2023 untuk Mewujudkan Birokrasi Berdampak yang mana Pelaksanaan RB diarahkan untuk dapat memberikan kontribusi nyata khususnya pada capaian pembangunan nasional,” ujar Agus.

Salah satu upaya percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi adalah dengan penajaman pelaksanaan evaluasi yang lebih melihat hasil dan dampak dibandingkan dengan proses. Penajaman evaluasi Reformasi Birokrasi diharapkan agar terjadi keselarasan antara pelaksanaan Reformasi Birokrasi dengan tujuan dan hasil pembangunan.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan ada 4 (empat) tujuan evaluasi Reformasi Birokrasi yaitu 1. Memperoleh informasi tentang pelaksanaan dan pencapaian Reformasi Birokrasi di lingkungan internal Kementerian/Lembaga/ Pemerintah Daerah serta dampaknya terhadap permasalahan strategis di masyarakat dan prioritas aktual Presiden, 2. Memonitor rencana aksi tindak lanjut hasil evaluasi Reformasi Birokrasi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah periode sebelumnya, 3. Memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan pencapaian Reformasi Birokrasi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, 4. Menyusun profil nasional pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Terdapat juga 2 (dua) jenis Evaluasi, yaitu Evaluasi Internal dengan Evaluator Internal sebagai pelaksana Evaluasi dan Evaluasi Eksternal dengan Evaluator Meso dan Evaluator Nasional sebagai pelaksana Evaluasi.

Berdasarkan hasil Evaluasi untuk untuk Kanwil Babel dengan 12 (Dua Belas) Satker telah melakukan penginputan secara lengkap dengan nilai 100%.


Bagikan berita melalui