Lapas Cibinong Laksanakan Skrining Active Case Finding (ACF) TBC dan Intervensi Chest X-Ray Bagi Warga Binaan

08-08-2023 - LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA CIBINONG — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA BARAT

CIBINONG - Lapas Kelas IIA Cibinong melaksanakan kegiatan Active Case Finding (ACF) TBC melalui Skrining Gejala dan Intervensi Chest X-Ray Tahun 2023 kepada Warga Binaan bertempat di Halaman Gereja Oikoumene Lapas Cibinong, Senin (7/8).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Lapas Kelas IIA Cibinong bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Bogor, Puskesmas Pabuaran Indah dan Titra Medical Centre. Dimana pelaksanaan Skirining TBC bagi Warga Binaan ini merupakan tindak lanjut dari surat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.6-PK.06.07-710 perihal Skrining TBC dengan intervensi Ronsen dada dimana sebanyak 205 orang Warga Binaan melakukan mobile rontgen.

Sebelumnya pada tanggal 01 sampe 02 Agustus 2023, dilakukan skrinning gejala pada 318 orang WBP yang meliputi : pemeriksaan TB dan BB serta wawancara gejala TB.

Dilanjutkan dengan skrining Chest X-Ray (Mobiel Rontgen) oleh Tim Vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC)yang didampingi oleh jajaran petugas kesehatan dari Lapas Kelas IIA Cibinong. Pengambilan sample TCM dilaksanakan di laboratorium Klinik Lapas Cibinong, selanjutnya sample dahak sebanyak 284 pot dahak dikirim ke Laboratorium RSUD Cibinong.

Dan kegiatan ini juga dimonitoring secara langsung oleh 3 orang petugas dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dalam mengawasi serta melihat pelaksanaan proses skrining TBC bagi Warga Binaan Lapas Cibinong.

 Kalapas Cibinong, Usman Madjid menyampaikan bahwasannya kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kemenkumham dalam hal ini DitjenPAS dengan Kemenkes RI sebagai deteksi diniuntuk mengatasi penularan TBC khususnya pada Warga Binaan di Lapas

 “Melalui kegiatan skrining ini dapat mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi / rentan terhadap penularan / penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas sehinggapenemuan dini dan pengendalian infeksi serta penularan dapat dicegah.”, Tutur Usman.  


Kemenkumham Jabar

R. Andika Dwi Prasetya

#KemenkumhamJabar

#RAndikaDwiPrasetya

#LapasCibinong


(Humas Lapas Cibinong)

Bagikan berita melalui