Rutan Gianyar Ikuti Seminar Motivasi Family support bagi Petugas Pemasyarakatan

07-08-2023 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Gianyar — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BALI

GIANYAR – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Gianyar, mengikuti Seminar Motivasi Family Support Bagi Petugas Pemasyarakatan tahun 2023. Dalam hal ini di ikuti secara virtual bersama Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Republik Indonesia. (18/07)

Bertempat di ruang Pengelolaan Rutan Gianyar, kegiatan seminar diikuti oleh Kasubsi Pengelolaan, Ngakan Made Wisata beserta jajaran secara virtual melalui zoom meeting.

Kegiatan seminar dipimpin langsung oleh Direktur Jendral Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga secara Daring di Graha Bakti Pemasyarakatan Lt.6, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Dirjen Pemasyaraktan, Reynhard Silitonga mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023 sebagai bentuk kepedulian Bangsa Indonesia terhadap Anak supaya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bermaksud menyelenggarakan kegiatan ‘’Seminar Motivasi Family Support bagi Petugas Pemasyarakatan Tahun 2023’’ dengan tema “Orang Tua Bahagia, Anak Ceria”. Diharapkan kegiatan ini memberikan semangat bagi anak binaan. Selain itu memaparkan pemenuhan hak bagi anak binaan. Terutama memberikan motivasi bagi petugas dalam menjalankan upaya pembinaan bagi anak yang menjalani hukuman" ujarnya.

Kegiatan selanjutnya disampaikan oleh narasumber dr. Aisah Dahlan CMHt.,CM.,NLP terkait otak kanan dan otak kiri serta motivasi bagi seluruh Petugas Pemasyarakatan dalam menciptakan kebahagian didalam keluarga

“Jadilah orang tua yang mudah berkomunikasi terhadap anak, apabila ayah/ibu tidak dapat berbicara, pastikan peran orang tua yang satu dapat menggantikannya. Supaya anak selalu dapat mengungkapkan ekspresi dan emosinya.” ucap Aisah.

Di sisi lain, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Gianyar, Muhammad Bahrun mengatakan dengan adanya seminar ini diharapkan mampu membentuk kepedulian bangsa terhadap anak-anak.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, sebagai bentuk kepedulian Bangsa Indonesia terhadap Anak supaya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal” ujar Muhammad Bahrun

Seminar ini berhasil memberikan wawasan yang berharga bagi para petugas pemasyarakatan Rutan Gianyar. Mereka meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya peran orang tua dalam membentuk kepribadian anak-anak yang sehat dan positif.

Diharapkan, melalui pengetahuan dan motivasi yang diberikan dalam seminar ini, petugas pemasyarakatan dapat memberikan dukungan yang lebih baik kepada narapidana dalam memperbaiki kehidupan mereka, serta mencegah anak-anak mereka terlibat dalam kegiatan yang melanggar hukum.


Bagikan berita melalui