PA Probolinggo Menyaksikan Wisuda Purnabhakti Ketua PTA Pekanbaru secara Virtual

07-08-2023 - Pengadilan Agama Probolinggo — PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA

Whats-App-Image-2023-08-07-at-10-47-26

Bertempat di Ruang Media Center, Ketua Pengadilan Agama Probolinggo, Ibu Dr. Hj. Rizkiyah Hasanah, S.Ag., M.Hum., beserta Panitera (Bapak Drs. Masyhudi, M.H.E.S.) dan Sekretaris (Ibu Nafis Machfiiyah, S.Ag., M.H.) menyaksikan Wisuda Purnabhakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Bapak YM. Dr. H. Harun S, S.H., M.H. secara virtual pada Senin, 7 Agustus 2023. Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Bapak YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. beserta Ketua Umum Dharmayukti Karini, Ny. Hj. Budi Utami Syarifuddin, Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Bapak YM. Prof Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M., Hakim Agung Kamar Agama MARI, Bapak YM. Dr. Drs. H. Abdul Manaf, S.H. M.H., Ketua Kamar Pengawas MARI Periode 2021- 2023, Bapak YM. Dr H. Zahrul Rabain, S.H., M.H. beserta istri, Gubernur Provinsi Riau, Bapak Drs. H. Syamsuar, M.Si. beserta seluruh unsur Forkopimda Provinsi Riau, Kepala Badan Litbang Kumdil MARI sekaligus Plt. Dirjen Badilag MARI, Bapak Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H. beserta para pejabat Eselon II dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, serta para Hakim Tinggi beserta Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru. Acara turut dihadiri oleh seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Agama dan Ketua Pengadilan Agama di seluruh Indonesia, baik yang hadir secara langsung maupun yang menyaksikan melalui kanal Youtube Mahkamah Agung RI dan Pengadilan Tinggi Agama Riau.

Whats-App-Image-2023-08-07-at-10-47-26-1

 

Whats-App-Image-2023-08-07-at-10-35-40-2

Acara wisuda dimulai dengan Kirab Wisuda Purnabhakti diiringi dengan Tarian Zapin Kompang dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Petikan Keputusan Presiden RI oleh Sekretaris PTA Palangkaraya, Bapak Mukti Ali, S.Ag., M.H. serta pemutaran Video Profil, Pendidikan, serta Perjalanan Karir dari Bapak YM. Dr. H. Harun S, S.H., M.H.  selama 44 tahun berkarir di dunia peradilan. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara inti yakni Upacara Penanggalan Kalung Jabatan Hakim, pengalungan kalung bunga tanda jasa dan pemberian plakat Mahkamah Agung oleh  Ketua Mahkamah Agung RI, Bapak YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. serta pemberian buket bunga kepada Ny. Hj. Nurainas Harun selaku istri Ketua PTA Pekanbaru oleh Ketua Umum Dharmayukti Karini, Ny. Hj. Budi Utami Syarifuddin.

Whats-App-Image-2023-08-07-at-10-35-41

 

Whats-App-Image-2023-08-07-at-10-35-40-1

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Mahkamah Agung RI, Bapak YM. Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. Dalam sambutan tersebut, Beliau mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Bapak YM. Dr. H. Harun S, S.H., M.H. atas pengabdian selama 44 tahun di ranah hukum dan memberikan kontribusi terbaik di dunia peradilan. Beliau menyampaikan dalam pidatonya bahwa konsep purnabhakti mengacu pada pengabdian penuh dan sempurna dengan keikhlasan tanpa pamrih dan tanpa mengrharapkan imbalan apapaun. Beliau juga menyampaikan bahwa mengemban tugas di dunia peradilan merupakan ujian yang sangat berat dikarenakan dibutuhkan kesiapan fisik, mental, dan integritas yang teguh, terlebih lagi sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama dengan beban tanggung jawab semakin berat. Meskipun begitu, beliau menyampaikan bahwa lika-liku tanggung jawab yang diemban akan terasa ringan jika diiringi dengan keikhlasan sebagai comforter yang mengubah lelah menjadi nikmat.

Dalam pidato tersebut, Beliau  juga menyampaikan bahwa purnabhakti menjagarkan kita bahwa integritas adalah garansi kepercayaan bagi masyarakat selaku warga peradilan, dan menjaga integritas merupakan ujian berat yang harus dihadapi oleh setiap Hakim dan seluruh insan dunia peradilan.  Ketika seorang Hakim mampu menyelesaikan tanggung jawabnya tanpa meninggalkan integritasnya, maka itulah pengabdian yang sempurna. “Setiap ijtihad atau putusan perkara yang diputuskan dengan adil akan dihitung amal kebaikan oleh Allah SWT. Hakim yang adil dan baik adalah pahlawan.” ujar Beliau. Acara diakhiri dengan kirab perpisahan. Para

@humasmahkamahagung

@pta_surabaya

@ditjen.badilag

@rbkunwas

@majalahdigital.badilag

#PAProbolinggoHEBAT

#PengadilanAgama

#DitjenBadilag

#MahkamahAgung

#rbkunwas

#menpanrb

#SALAMPRIMA

#ZONAINTEGRITAS

#WilayahBebasKorupsi

#WilayahBirokrasiBersihMelayani


Bagikan berita melalui