TENAGA TEKNIS KEPANITERAAN PENGADILAN AGAMA BINJAI IKUTI BIMBINGAN TEKNIS ADMINISTRASI KEPANITERAAN, PELAPORAN KINERJA DAN KEUANGAN PERKARA SECARA ELEKTRONIK

07-08-2023 - Pengadilan Agama Binjai — PENGADILAN TINGGI AGAMA MEDAN

Binjai ? www.pa-binjai.go.id

Bertempat di Le Polonia Hotel Jl. Jenderal Sudirman No.14-18 Medan, tenaga teknis Pengadilan Agama Binjai yaitu Ibu Syarwanai, S.H., M.H. (Panitera), Khuzjaifah, A.Md. (Kasir) dan Wahidaturramadhani Harahap, S.H., M.H. mengikuti acara Bimbingan Teknis Administrasi Kepaniteraan, Pelaporan Kinerja dan Keuangan Perkara Secara Elektronik pada tanggal 2 s.d. 4 Agustus 2023. Setelah acara dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan gong pada Rabu, 2 Agustus 2023 oleh YM. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Bapak Dr. H. Hamid Pulungan, S.H, M.H., acara dilanjutkan dengan Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan mengenai Implementasi Kebijakan Mahkamah Agung RI. Kemudian dilanjutkan dengan materi Permasalahan Sita dan Eksekusi Riil oleh Narasumber Bapak Drs. H. Hasan Basri, S.H., M.H.

Pada Kamis, 3 Agustus 2023 Bimbingan Teknis dilanjutkan tepat pukul 08.00 WIB dengan materi Permasalah Eksekusi Lelang yang disampaikan oleh Narasumber Bapak Zulfikar Lubis dkk dari KPKNL Medan. Setelah coffee break tepat pukul 09.45 WIB acara dilanjutkan dengan materi Pengelolaan Keuangan Perkara Secara Elektronk Melalui Aplikasi Kinsatker yang disampaikan oleh Bapak Sutarno, S.IP., M.M, Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Ditjen Badilag. Yang kemudian dilanjutkan dengan materi Pelaporan Kinerja Secara Elektronik melalui Aplikasi Kinsatker. Acara bimbingan teknis juga ada sesi tanya jawab serta konsultasi secara langsung kepada Narasumber atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di satuan kerja Pengadilan Agama se-Sumatera Utara. Semua pertanyaan peserta dijawab secara interaktif, yang sangat berbeda jika bimbingan teknis dilaksanakan secara virtual melalui zoom.

Setelah istirahat sholat maghrib dan makan, peserta melanjutkan bimbingan teknis dengan materi Sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik yang disampaikan oleh H. Martomo, S.H.I., M.A, Hakim Yustisial, Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi. Diharapkan melalui diselenggarakannya Bimtek Kepaniteraan tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi Tenaga Teknis Kepaniteraan khususnya di Pengadilan Agama Binjai. (Tim IT PA Binjai)


Bagikan berita melalui