DIALOG INTERAKTIF DALAM RANGKA PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILU SERENTAK 2024

07-08-2023 - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Timur — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

    Pendukung demokrasi yang sangat berpotensi salah satunya adalah keterlibatan kaum perempuan dalam ranah politik. Untuk itu, penting dilakukan pendidikan politik kepada kaum perempuan di Provinsi Kalimantan Timur untuk mendukung dan mewujudkan suksesnya pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

    Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur, yaitu Puji Setyowati, S.H., M.Hum., mengatakan bahwa dalam mendukung kesuksesan Pemilu 2024, masyarakat khususnya perempuan harus memiliki fokus terhadap apa yang sedang dihadapi, memiliki semangat optimis mengembangkan diri dan memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang efektif. "Perempuan juga dituntut untuk memiliki kemampuan mengemas isu dan peran dalam bermasyarakat, meresepon aspirasi masyarakat," tambahnya saat memaparkan materi di Ruang Rapat Bina Bangsa Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Timur (20/06/2023)

    Pendidikan politik bagi perempuan sangatlah penting agar dapat memahami bahwa perempuan merupakan sosok yang berperan penting, sebab perempuan miliki hak untuk memilih dan dipilih serta hak untuk berkontribusi dalam pembangunan. Perempuan, juga harus belajar politik karena politik memiliki artian yang sangat luas dan selalu berkaitan dalam kehidupan. Untuk itu, perempuan perlu mengetahui politik agar dapat menghadapi masalah yang berkaitan dengan politik.

    Pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya perempuan, sangatlah penting. "Selain yang dilakukan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah lain, para perempuan juga dapat melakukannya melalui media sosial dengan menyebarkan berita yang berkaitan tentang politik, seperti contohnya terkait tahapan-tahapan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung," ujar Dr. Ir. Elvyani NH Gafar, M.Si., CPCE., CPM., Akademisi dan Pemerhati Politik.

Bagikan berita melalui