Deteksi Dini Virus TB dan HIV/AIDS, Lapas Kotapinang Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Screening Dan Pemeriksaan Warga Binaan

20-07-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kotapinang — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA UTARA

Deteksi Dini Virus TB dan HIV/AIDS, Lapas Kotapinang Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Screening Dan Pemeriksaan Warga Binaan 


Kotapinang - Dalam rangka deteksi dini penyebaran Virus Tuberkulosis (TB) dan HIV/AIDS, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kotapinang Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar Screening TB dan pemeriksaan HIV/AIDS kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (20/07/2023). Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu Selatan.

Berlokasi di halaman Lapas Kelas III Kotapinang, sebanyak 285 warga binaan ikut serta dalam pemeriksaan hari ini. Screening TB yang dilakukan antara lain registrasi awal, Sebelum di periksa Warga Binaan lakukan konsultasi mengenai indikasi penyerbaran virus dan gejala TB lalu dilanjutkan pemeriksaan sampel dahak yang diambil. Sedangkan dalam pemeriksaan HIV/AIDS dilaksanakan pemeriksaan sampel darah dan selanjutnya konseling penyakit HIV. 

Kepala Lapas Kotapinang, Edison Tampubolon di dampingi Kasubsi Pembinaan mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada pihak Dinas Kesehatan Labuhanbatu Selatan untuk pelaksanaan Screening TB dan Pemeriksaan HIV/AIDS di Lapas Kotapinang hari ini. “Terima kasih sebanyak-banyaknya atas bantuannya kepada Dinas Kesehatan Labuhanbatu Selatan atas terlaksananya kegiatan screening pemeriksaan TB dan pemeriksaan HIV/AIDS di Lapas Kelas III Kotapinang hari ini. 

Dengan adanya kegiatan ini kami semua bisa mengetahui lebih awal bila nanti ada kasus TB maupun HIV/AIDS di Lapas Kotapinang, sehingga kedepannya kami pihak Lapas akan lebih cepat menangani jika ada WBP kami mengalami TBC dan HIV/AIDS tersebut. Setelah ini kedepannya, bersama-sama mari kita menjaga kesehatan diri sendiri dari bahaya TB dan HIV/AIDS", ujar Beliau.

Bagikan berita melalui