RANGKAIAN HDKD, IMIGRASI NUNUKAN DAN LAPAS NUNUKAN MENGADAKAN PASPOR MERDEKA DAN NAPI CRAFT DI ALUN-ALUN NUNUKAN

07-08-2023 - Kantor Imigrasi Nunukan — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

NUNUKAN (07/08) – Sebagai wujud pelayanan publik, Imigrasi Nunukan melaksanakan kegiatan Layanan Paspor Merdeka. Layanan Paspor Merdeka yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -78 dan Hari Dharma Karya Dhika ke -78 Tahun 2023. Dan selain membuka layanan paspor merdeka, Imigrasi juga berkolaborasi bersama Lapas Kelas IIB Nunukan dengan membuka stand pameran karya Warga Binaan (WB) dan penampilan WB Lanuka Band dari Lapas Kelas IIB Nunukan.

Kegiatan yang diadakan di alun-alun Kabupaten Nunukan ini, dimulai sejak pukul 08.00 WITA ini, diikuti dengan antusias oleh warga yang sudah menunggu sejak pagi bahkan sebelum petugas datang ditempat. Mewakili Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan, Ryan Aditya, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Nugraha Agustian Syahputra menyebut pada layanan paspor merdeka ini, Imigrasi Nunukan membuka kuota bagi 78 pemohon. Kegiatan dimulai dengan persiapan alat mobile unit dan dilanjutkan dengan penerimaan berkas serta melakukan pengambilan foto serta sidik jari.

Alhamdulillah masyarakat begitu antusias, sehingga dalam waktu 1 jam sudah ada 78 pemohon,” ucap Nugraha Agustian Syahputra. Permohonan yang masuk permohonan paspor baru sebanyak 33 Pemohon dan permohonan paspor pergantian sebanyak 45 Pemohon.

Nugraha Agustian Syahputra pun menjelaskan apabila pemohon melebihi dari kuota yang disiapkan, pihak imigrasi akan tetap lakukan pelayanan. Namun jika tidak dapat dilayani di sini, maka pemohon akan kami arahkan untuk mengurusnya di kantor. Pemohon yang tidak terlayani di alun-alun ini akan diprioritaskan jika mengurus di kantor Imigrasi. Rata-rata pemohon adalah masyarakat tempatan yang tidak memiliki waktu untuk mengurus dihari kerja, sehingga dihari libur ini mereka bisa meluangkan waktu untuk mengurus paspornya. Layanan paspor merdeka yang digelar serentak oleh Kantor Imigrasi se Indonesia ini dibuka untuk pemohon baru dan yang ingin memperpanjang paspornya. Diharapkan kegiatan layanan paspor di alun-alun kota Nunukan ini sudah menjadi agenda rutin, karena peminatnya sangat ramai.

Sampai berakhirnya pelaksanaan pelayanan Paspor Merdeka dan Pameran Napi Craft, selama berkegiatan disertai dengan peformance band lanuka di Alun-Alun Kabupaten Nunukan. Seluruh kegiatan berjalan lancar sesuai dengan prosedur dan tanpa kendala yang cukup berarti.

 


Bagikan berita melalui