DIALOG POLITIK DALAM RANGKA PENINGKATAN PARTISIPASI PADA PEMILU SERENTAK 2024

07-08-2023 - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Timur — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

        Di Tahun 2024, Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada 14 Februari 2025 mendatang, hampir 60% didominasi oleh generasi Z dan milenialadalah momentum penting yang harus dioptimalkan sebaik mungkin. Badan Kesbangpol Prov. Kaltim mengadakan dialog interaktif guna mengedukasi generasi Z dan milenial terkait kehidupan berpolitik dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2024. "Diharapkan generasi muda menjadi melek politik agar bersinergi dalam usaha pembangunan serta partisipatif," ujar Kabid Politik Dalam Negeri, Ahmad Firdaus Kurniawan, S.Sos., M.Si. dalam penyampaian materi pada Rabu (25/2/2023).

    Dialog politik merupakan upayameningkatkan pengetahuan politik rakyat agarmerekadapat berpartisipasi secara maksimal dalam sistem politik, sesuai pahamkedaulatan rakyat atau demokrasi bahwa rakyat harus menjalankan tugas partsipasi. Kegiatan dialog politik tersebut dihadiri anggota Busam ID, Ormas Wanita Islam, mahasiswa Universitas Mulawarman, dan pelajar SMA/K.

    Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kaltim, Drs. H. Sufian Agus, M.Si., menyinggung saat ini pemuda banya yang acuh terhadap politik. Mereka menilai bahwa politik cenderung berstigma buruk, terlebih banyaknya berita dari media yang menyebutkan banyaknya kasus penyelewangan wewenang oleh oknum-oknum politik. Kini, sudah saatnya generasi muda turun tangan dan aktif dalam pemilu. "Para generasi muda harus diberikan pemahaman bahwa memberikan hak suara dalam pemilu sangatlah penting, sebab hak suara mereka yang menentukan pemimpin sebagai penentu kebijakan yang nantinya kebijakan itu berdampak pada mereka sendiri," ujar Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kaltim

Bagikan berita melalui