40 WARGA BINAAN LAPAS LABUHAN BILIK JALANI TES HIV DAN SIPILIS

07-08-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Labuhan Bilik — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA UTARA

Labuhan Bilik, Cegah penularan dan penanggulangan penyakit menular khususnya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Bilik, 40 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Labuhan Bilik jalani Tes HIV dan Sipilis, Sabtu, 22/07/2023.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama Lapas Labuhan Bilik dengan Dinas Kesehatan Labuhan Batu melalui Puskesmas Labuhan Bilik,” terang Kepala Lapas Labuhan Bilik, Armen Zain.

Selanjutnya Armen memaparkan, mendapatkan pelayanan kesehatan, perawatan, baik perawatan rohani maupun jasmani menjadi salah satu hak dasar yang harus diperoleh warga binaan oleh karena ituk ini sangat membantu dalam hal pengawasan terhadap penyakit, terutama penyakit menular.

“Jadi kegiatan ini sebagai bentuk deteksi dini agar Warga Binaan, sehat ketika menjalani masa pidana di Lapas Labuhan Bilik,” imbuhnya.

Sebelum menjalani tes, puluhan warga binaan tersebut mendapat penyuluhan kesehatan mengenai HIV dan Sipilis oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Labuhan Bilik, kemudian dilakukan konseling dengan wawancara barulah sampel darah warga binaan diambil untuk dites.

“Tes ini sangat dianjurkan apalagi Warga Binaan yang dulu sewaktu diluar menggunakan Narkoba melalui suntik, pernah melakukan hubungan intim tanpa kondom dengan lebih dari satu pasangan,” ujar Asniah, Petugas Kesehatan Puskesmas Labuhan Bilik.

Dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan terhadap 40 Warga Binaan Lapas Labuhan Bilik hasilnya adalah Negatif


Bagikan berita melalui