LAPAS PEREMPUAN PANGKALPINANG IKUTI PENYERAHAN LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN (LHP) BADAN PEMERIKAAN KEUANGAN (BPK) RI

05-08-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Pangkalpinang — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM BANGKA BELITUNG

Pangkalpinang – Kepala Lapas Perempuan Pangkalpinang, Hani Anggraeni beserta Pengelola Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) ikuti Kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemerikaan Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2022 secara virtual bertempat di Aula Lapas Perempuan Pangkalpinang, Jumat (04/08/2023).

Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan RI, Nyoman Adhi Suryadnyana dalam sambutannya menjelaskan dasar hukum pemeriksaan. Pada Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2017 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) Pernyataan Standar Pemeriksaan 100 Standar Umum Paragraf 25 bahwa “Pemeriksaan harus membangun komunikasi yang efisien dan efektif di seluruh proses pemeriksaan, supaya proses pemeriksaan berjalan dengan lancar dan hasil pemeriksaan dapat dimengerti dan ditindaklanjuti oleh pihak yang bertanggung jawab dan/atau pemangku kepentingan terkait”. Dalam paparannya Nyoman juga menjelaskan jenis pemeriksaan dan jenis opini laporan keuangan. Tak hanya itu Nyoman juga mengungkapkan bahwa Kementerian Hukum dan HAM(Kemenkumham) RI pada tahun 2022 mendapat predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Pada Tahun 2022 Kemenkumham kembali mendapatkan predikat WTP, terima kasih kepada Kemenkumham yang terus berbenah,” ucap Nyoman.

Menteri Hukum dan Ham RI, Yasonna H Laoly dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras Tim BPK RI yang terus mendorong Kemenkumham melakukan perbaikan pengelolaan keuangan dan BMN. Kemeterian Hukum dan HAM kembali mendapatkan predikat Opini WTP. “Pencapaian ini merupakan bentu kesadaran dan komitmen seluruh jajaran Kemenkumham untuk selalu berupaya mewujudkan transparasi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan BMN,” ucap Yasonna. Kepada seluruh jajaran Kemenkumham untuk tidak berpuas diri atas keberhasilan capaian opini WTP tahun 2022, namun menjadi pendorong dan semangat untuk bekerja lebih baik lagi.

Pada Kegiatan ini dilaksanakan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Kemenkumham Tahun 2022.


Bagikan berita melalui