Kalapas Kelas I Surabaya Ikuti Pembukaan Temu Bisnis Tahap VI dan ICEF Bersama Para Pimti Dan Kepala UPT Secara Daring

05-08-2023 - LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I SURABAYA — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA TIMUR

Sidoarjo – Kalapas Kelas I Surabaya, Jalu Yuswa Panjang bersama Ka Kanwil Kemenkumham Jatim, para Pimti Pratama lainnya, serta beberapa Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan mengikuti pelaksanaan pembukaan dan seluruh rangkaian acara temu bisnis tahap VI dan dengan tema ”Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri, Wujudkan Kemandirian Bangsa” yang di selenggarkaan di Grand Ballroom, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat secara daring di Aula Sugeng Handrijo, Lapas Kelas I Surabaya, Kamis (04/08/2023).

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama dengan Kementerian Keuangan ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi guna memberikan dukungan fasilitasi penyelenggaraan Temu Bisnis Tahap VI pada tanggal 3 s.d. 5 Agustus 2023 bertempat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat dimana pelaksanaannya terintegrasi dengan kegiatan Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) yang diinisiasi oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

“Kegiatan Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) dan Temu Bisnis Tahap VI Tahun 2023 sejalan dengan semangat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, ‘Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri Wujudkan Kemandirian Bangsa’,” ucap Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly saat membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, melalui kegiatan ini Pemerintah tunjukkan konsistensi dalam upayamendukung kemajuan perekonomian nasional, yang mana salah satunya dengan langkah meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, termasuk produk-produk unggulan dari warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang tidak kalah kualitasnya dengan produk industri dan UMKM masyarakat pada umumnya.

“Ini merupakan langkah nyata mendukung kampanye nasional, Gerakan Bangga Buatan Indonesia” ujarnya.

Sementara itu, Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Temu Bisnis Tahap VI Tahun 2023 Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF). Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bermula dari arahan Presiden Jokowi dan Menkomarves, untuk bagaimana memanfaatkan dan mengoptimalkan produk-produk dalam negeri untuk menjaga dan memperkuat setabilitas perekonomian dalam negeri.

“Mari jadikan kecintaan terhadap produk dalam negeri bukan sekedar gaya, hanya ikuti tren saat ini. Tetapi upaya dan dukungan sistematis dari semua pihak untuk memperkuat ekonomi dalam negeri agar dapat bersaing di kancah internasional,” pungkasnya.


Bagikan berita melalui