Komitmen Zero Halinar, Lapas Samarinda Kembali Razia Blok Hunian Warga Binaan

05-08-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Samarinda — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

Samarinda- Menindaklanjuti Surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan nomer PAS-PK.08.05-714 perihal langkah progressive sebagai tindak lanjut atas maraknya pengaduan terkait Peredaran Narkoba, Penipuan Online, Pungli dan lain-lain di lingkungan UPT Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Samarinda kembali tancap gas menuju akhir pekan, Jumat, (04/08/2023).

Gerak cepat yang dilaksanakan jajaran Lapas Kelas IIA Samarinda melakukan razia Insidentil yang diikuti oleh Ka.KPLP Sukardi, Kasubsi Keamanan Elpasha Braniswara, dengan jumlah personil 10 orang meliputi Staff KPLP dan Regu Pengamanan Lapas Kelas IIA Samarinda melaksanakan razia/penggeledahan insidentil di Blok Hunian WBP (Blok Beo) serta dimonitor langsung oleh Kalapas Samarinda Hudi Ismono, pada pukul 17.45 s/d 18.30 WITA.

“Jangan sampai ada Halinar di Lapas kita. Untuk oknum yang terlibat, akan kami proses sesuai PP nomer 94 tahun 2021. Maka dari itu rekan-rekan, kita langsung melaksanakan penggeledahan insidentil,” jelas Hudi selaku Kalapas Samarinda.

Hudi mengatakan razia Insidentil yang dilakukan diantaranya penggeledahan Badan dan Razia Kamar Hunian Blok Beo.

“Razia menyasar kamar hunian yang memiliki “potensi” benda-benda terlarang seperti handphone, obat-obatan terlarang, senjata tajam dan lain-lain,” jelasnya.

Hudi mengatakan untuk hasil razia, petugas menemukan beberapa barang yang terindikasi memiliki potensi dan barang terlarang berupa Handphone, Charger, Headset, Kipas kecil dan Sajam buatan.

“Temuan hasil razia ini akan kami tindak lanjut dan dilakukan pemusnahan,” tegasnya.

Ia mengatakan kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dari arahan Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Sofyan yang menekankan untuk UPT pemasyarakatan melaksanakan deklarasi Zero Halinar sebagai Komitmen Petugas Pemasyarakatan dalam menjalankan 3 kunci Pemasyarakatan Maju plus back to basic saat Apel Deklarasi Zero Halinar.

Pelaksanaan razia/penggeledahan berjalan dengan aman, tertib dan lancar


Bagikan berita melalui