Peran Perpustakaan Bagi Warga Binaan Lapas Perempuan Palangka Raya

05-08-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Palangka Raya — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TENGAH




Perpustakaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Palangka Raya mempunyai peran untuk Warga Binaan antara lain Peran di bidang pendidikan, yaitu kegiatan pembinaan – pembinaan yang dilakukan di perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Palangka Raya, sehingga warga binaan tetap dapat memperoleh pendidikan yang layak selama menjalani pidana di lembaga pemasyarakatan.


Warga Binaan juga mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan informasi seperti masyarakat luar pada umumnya dalam mengakses informasi dengan berbagai media yang ada. Tindak Pidana yang dilakukan oleh Warga binaan yang mengharuskan berada didalam lembaga pemasyarakatan pada masa hukuman yang telah ditetapkan oleh pengadilan merupakan suatu hal yang menjadi penghambat untuk memperoleh informasi.



Oleh karena itu, dengan keberadaan perpustakaan di dalam lembaga pemasyarakatan sangat berperan besar sebagai sarana sumber informasi untuk para warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Palangka Raya. Sarana rekreasi, Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Palangka Raya juga memanfaatkan perpustakaan selain untuk meminjam dan membaca buku, para warga binaan juga memanfaatkan sebagai tempat untuk menyegarkan kembali pikiran dan rasa jenuh selama menjalani masa tahanan. Keberadaan perpustakaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Palangka Raya sangat berperan sebagai sarana komunikasi bagi para warga binaan. Kegiatan yang dilakukan oleh warga binaan selain meminjam atau membaca buku adalah warga binaan juga memperoleh pembinaan – pembinaan mental, rohani, dan motivasi dari petugas Lapas, sehingga mereka tidak akan merasa bosan berada di dalam Lapas.

#KemenkumamRI
#Ditjenpas
#kemenkumhamkalteng
#kanwilkemenkumhamkalteng
#hendraekaputra
#humaslapasperempuanpalangka
#Lapasperempuanpalangkaraya
#Kalapasperempuanpalangkaraya
#sriastiana

Bagikan berita melalui