Laksanakan Kegiatan Sosial, Rutan Pangkalan Brandan Kanwil Kemenkumham Sumut Laksanakan Donor Darah Bersama PMI

04-08-2023 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pangkalan Brandan — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA UTARA

Pangkalan Brandan- Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan laksanakan kegiatan peduli sosial berupa donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Langkat dalam rangka memeriahkan HUT Kemenkumham RI ke-78 yang tepat jatuh di tanggal 19 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh petugas Rutan beserta Dharma Wanita Persatuan Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan dan kegiatan dilaksanakan di Ruang Serba Guna Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan . (02/08/2023)

 

Pada kegiatan donor darah yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemenkumham RI ke-78  ini turut diikuti oleh Kepala Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan, Bapak Agung Joni. Beliau turut mendonorkan darahnya setelah dinyatakan lulus tahap pemeriksaan kesehatan dan kelayakan sebagai pendonor.

 

“Kegiatan yang dilaksanakan di Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran tentang pedoman pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Kemenkumham ‘Hari Dharma Karya Dhika’ ke-78 Tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, selain itu kegiatan donor darah seperti ini penting kita laksanakan secara rutin, tidak hanya untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan bantuan transfusi darah melainkan donor darah itu sendiri baik untuk kesehatan kita sendiri sesuai dengan anjuran dokter selaku ahli kesehatan. Kita berharap kegiatan-kegiatan yang positif seperti ini dapat terus kita lanjutkan dan pada kegiatan ini kita ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa Pemasyarakatan tidak hanya peduli kepada Warga Binaan Pemasyarakatan tetapi Pemasyarakatan juga hadir untuk seluruh masyarakat di luar tembok lapas/rutan” Ujar Karutan.

 

Dikutip dari Laman Resmi kemkes.go.id kegiatan donor darah ini sangatlah baik untuk kesehatan sesuai dengan anjuran dari ahli medis, seperti:

Manfaat Donor Darah Secara Fisik:

1. Meminimalisir risiko Penyakit jantung,

2. Dapat mengurangi kekentalan darah dalam tubuh,

3. Menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh,

4. Dapat menurunkan kadar oksidan di dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan.

 Manfaat Donor Darah Secara Mental

1. Mengurangi stres,

2. Mengurangi perasaan negatif,

3. Meningkatkan kesejahteraan emosi,

4. Menurunkan rasa terasingkan.

 

Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan Tim PMI Kabupaten Langkat yang dipimpin oleh Ibu Fatmawati Tanjung selaku Kepala Penanggung Jawab Tehnis UDD PMI Kabupaten Langkat dan kegiatan donor darah diikuti sebanyak 47 orang yang terdiri dari Petugas dan Dharma Wanita Persatuan Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan dan kegiatan berjalan dengan aman dan baik.

#KemenkumhamSumut

#KumhamSemakinPASTI

Bagikan berita melalui