Kembali Gelar Coffe Morning, Karutan Kenalkan Inovasi Terbaru ALIM kepada Warga Binaan

04-08-2023 - RUMAH TAHANAN KELAS IIB MAGETAN — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA TIMUR

MAGETAN – Selang beberapa bulan, pagi ini (04/08/2023) Kepala Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim yang didampingi oleh Kepala Kesatuan Pengamanan kembali menggelar kegiatan coffee morning bersama seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di lapangan Rutan.

Adapun tujuan diadakannya coffee morning kali adalah sosialisasi terkait inovasi terbaru Rutan Magetan yaitu Anjungan Layanan Integrasi Mandiri (ALIM) serta pemberitahuan telah dihentikannya program Asimilasi di Rumah dalam rangka pencegahan Covid-19.

Selain itu, Karutan membuka sesi sharing dan tanya jawab bagi Warga Binaan sebagai media penyampaian keluh kesah, kritik dan saran yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi sehingga dampaknya bisa dirasakan langsung oleh Warga Binaan Pemasyarakatan.

Mengawali coffee morning, Karutan Eries Sugianto menjelaskan bahwa program asimilasi di rumah saat ini telah dihapus. “Bagi Warga Binaan seluruhnya, khususnya yang belum mengetahui, untuk program asimilasi dirumah sudah dihentikan sejak bulan kemarin, mengingat pemerintah telah memutuskan mencabut status pandemi covid-19 dan saat ini memasuki masa endemi. Dan terkait dengan remisi umum kemerdekaan HUT RI, telah kami usulkan nama-nama yang memenuhi persyaratan”, Jelas Eries.

Selain itu, Karutan juga mensosialisasikan inovasi terbaru yang telah dikembangkan. “Mulai sekarang terdapat Inovasi baru di area Kantin bernama ALIM. Bapak-bapak dapat mengetahui progres kepengurusan hak integrasi secara valid dan real time melalui perangkat layar tampilan informasi, serta juga dapat mencetak secara mandiri apabila Surat Keputusan Integrasi yang diurus telah terbit melalui perangkat Self Service yang telah dilengkapi printer”, pungkasnya.

Mendampingi Karutan, Kepala Pengamanan Didi Rahmadi menambahkan himbauan terkait kebersihan di area blok hunian. “Jangan andalkan petugas kebersihan, tanggung jawab masing-masing. Itu tempat tidur kalian, tempat istirahat kalian. Minimal halaman depan kamar sampai kamar kalian. Tolong di jaga kebersihannya”, ucap Didi.

Snack berupa kacang-kacangan, ubi serta minuman teh dan kopi turut dibagikan kepada WBP saat jalannya kegiatan. “Saya pesan jaga keamanan, jaga persaudaraan, meskipun banyak pindahan dari luar. Disini semuanya sama. Yang jelas jangan sampai ada perselisihan yang tidak bisa diselesaikan”, tutup Karutan. (Humas Rutan Magetan)

 


Bagikan berita melalui