PERINGATI HARI ANAK NASIONAL KE-39 TAHUN 2023, LAPAS PEREMPUAN KUPANG IKUTI ACARA PERINGATAN HAN TINGKAT KOTA KUPANG

04-08-2023 - Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang — KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NUSA TENGGARA TIMUR

Kupang - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Lapas perempuan Kupang mengikuti Acara Peringatan Hari Anak yang dilaksanakan tepat pukul 09.00 WITA yang bertempat di LPKA Klas I Kupang. (Kamis, 03/08/2023) 

Kegiatan yang bertema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" ini diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Kupang dan diikuti oleh Kepala Seksi Binadik dan Giatja; Septerhani Buky. 

Kegiatan diawali dengan adanya penampilan atraksi band dan anak-anak pramuka dari LPKA Klas I Kupang, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan suara anak Kota Kupang tahun 2023 dan sambutan dari Ketua Forum Anak serta sambutan dari PKBI Provinsi NTT yang keduanya menyampaikan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan yang dapat berguna untuk mendukung anak-anak tetap maju dan berharap semoga dengan adanya kegiatan ini bisa bersama-sama mewujudkan visi anak yang maju. 

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama terdapat sambutan dari Kepala Kanwil Kemenkumham NTT; Marciana D. Jone yang menyampaikan bahwa ada 10 hak dasar yang harus dilakukan Pemerintah yang salah satunya yaitu hak anak. 

“Dalam forum ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang karena telah memberikan pelayanan sekolah dalam LPKA Kupang sehingga Anak-anak Binaan kami tetap mendapatkan haknya yaitu mendapatkan pendidikan” Ujar Marciana 

Tak lupa, Marciana juga menyampaikan terima kasih kepada semua penggagas yang merubah paradigma pemikiran masyarakat, yang selama ini selalu terabaikan yaitu hak anak. 

“Oleh karena itu, melalui perayaan pada hari ini saya mengajak kita semua untuk bersama kita lindungi anak-anak kita, terkhususnya Anak yang berhadap dengan Hukum (ABH) yang wajib dilindungi” ujarnya 

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan sambutan dari Penjabat Wali Kota Kupang; George M. Hadjoh yang diwakilkan oleh Asisten III Sekretariat Daerah; Yanuar Dally yang menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kota Kupang telah membuat berbagai program untuk memajukan pelayanan pada anak di Kota Kupang seperti Pelayanan ramah anak di puskesmas, pusat kreativitas rumah ibadah ramah anak serta program-program ramah anak lainnya.

“Bagaimana pun anak-anak merupakan aset bangsa yang perlu dilindungi karakternya sehingga dapat tumbuh menjadi sumber manusia yang unggul dan berkarakter. Oleh karena itu, Kami sadar bahwa penyelenggaraan ini pemerintah tidak bisa berjalan sendiri melainkan butuh dukungan dan keterlibatan semua pihak” ujar Yanuar. 

Pada kesempatan yang sama juga atas nama Pemerintah Kota Kupang, Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur terkait yang telah mempersiapkan kegiatan ini dan telah mendukung seluruh program-program khusus anak yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kupang. 

Akhir dari kegiatan ini Kanwil Kemenkumham NTT memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Kupang yang telah mendukung proses pembinaan berupa penyelenggaraan pendidikan terhadap Anak Binaan pada LPKA Kupang. Dan kegiatan ditutup dengan pemberian Kartu Identitas Anak (KTA) dari Pemerintah Kota Kupang kepada Anak Binaan di LPKA Kupang serta penampilan bermain biola oleh salah satu Anak Binaan LPKA Kupang. 

Kontributor: Humas Lapas Perempuan Kupang (AD) 

Bagikan berita melalui