Pencet Jebol, Kecamatan Tanjunganom Permudah Layanan Pembuatan Identitas Kependudukan Digital

04-08-2023 - Kecamatan Tanjunganom — Pemerintah Kab. Nganjuk

Nganjuk, PING- Guna mempermudah layanan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kota Bayu, Kantor Kecamatan Tanjunganom meluncurkan Pelayanan Cepat Jemput Bola (Pencet Jebol) bagi perangkat Desa/Kelurahan di Wilayah Kecamatan Tanjunganom.

Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di Wilayah Kecamatan Tanjunganom yang akan melakukan pembuatan atau aktivasi identias kependudukan berbasis digital (IKD). Tanpa harus ke Kantor Kecamatan ataupun Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Nganjuk.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Plt. Camat Tanjunganom Ardiansyah Winardi. “Layanan jemput bola Pencet Jebol ini, sementara kita khususkan bagi seluruh perangkat Desa/Kelurahan sampai di tingkat RT/RW. Dengan cara mendatangi langsung kantor Desa dan Kelurahan di Kecamatan Tanjunganom,” bebernya pada PING (Selasa, 14/3/2023).

Camat Ardi menyebutkan, inovasi percepatan penerapan identitas kependudukan digital Pencet Jebol yang diluncurkannya adalah menindaklanjuti instruksi dan arahan dari Plt. Bupati Nganjuk, Kang Marhaen, tentang percepatan penerapan aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Nganjuk.

“Nantinya masyarakat akan memiliki identitas kependudukan berbasis digital, yang tersimpan di Handphone. Juga identitas kependudukan berbentuk kepingan (KTP El) dan lembar Kartu Keluarga. Akan ada yang berbentuk fisik dan digital,” terangnya sembari menyebut kedepan identitas kependudukan digital akan diterapkan dalam berbagai keperluan administrasi.

Sementara itu, Widya Dini Hartati, Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik Kecamatan Tanjunganom menambahkan, program layanan Pencet Jebol ini akan dilakukan secara bertahap dimulai dari perangkat Desa/Kelurahan, serta selanjutnya pada masyarakat umum.

“Program ini sudah kita mulai dari tanggal 8 Maret 2023. Kegiatan jemput bola aktivasi IKD akan terus berlanjut sampai tanggal 21 Maret 2023, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dan alhamdulillah kita telah berhasil melakukan aktivasi kepada 200 perangkat Desa/Kelurahan hingga RT/RW,” jelasnya.

“Pelayanan aktivasi IKD di Kantor Kecamatan Tanjunganom, juga tetap kita buka untuk masyarakat umum,” tambahnya.

Kasi Widya Dini, berharap seluruh masyarakat di Wilayah Kecamatan Tanjunganom memiliki identitas kependudukan digital. Target kita adalah 22.564 penduduk sudah memiliki dan aktivasi IKD, ungkap Widya Dini, Karena ini juga merupakan program dari Nasional dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk.

“Kami mohon dukungan dari masyarakat dengan malakukan aktivasi identitas kependudukan digital,” imbuhnya


Bagikan berita melalui