Sekda Provinsi Kalsel Apresiasi Produk Karya Warga Binaan Rutan Barabai

03-08-2023 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Barabai — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

Barabai - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan berhasil menyelenggarakan Kemenkumham Legal Expo dengan tema "Lebih Dekat dengan Kumham" yang berlangsung di Duta Mall Banjarmasin dari tanggal 2 hingga 3 Agustus 2023. Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kementerian Hukum dan HAM HDKD ke-78.

Dalam acara ini, Kepala Kantor Wilayah dan Sekretaris Daerah Provinsi mewakili Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan bersama Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Selatan turut hadir untuk memberikan dukungan. Mereka juga menengok langsung puluhan stand Layanan Kemenkumham. 

Unit Pelaksana Teknis Imigrasi dan Pemasyarakatan dari Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan juga turut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka memberikan pelayanan secara on the spot kepada pengunjung. Termasuk di antaranya adalah Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Barabai yang memamerkan hasil karya warga binaan pemasyarakatan pada stand mereka. 

Kunjungan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar bersama Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Supian HK, dan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali ke stand Rutan Barabai sangat menyenangkan. Mereka mengapresiasi produk sofa dan roof rack yang dipajang di stand tersebut.

Roy Rizali Anwar mengungkapkan dirinya tidak menyangka warga binaan mampu untuk membuat produk seperti Sofa dan Roofrack.Faisol Ali menambahkan bahwa hasil karya warga binaan Rutan Barabai menjadi salah satu unggulan dari Kanwil Kalsel. 

Karutan Barabai, Gusti Iskandarsyah, menjelaskan Produk-produk ini telah mendapat banyak pesanan dari berbagai instansi pemerintah dan masyarakat daerah. "Selain harganya yang murah, kualitas yang dihasilkan dari produk warga binaan ini juga bisa bersaing dengan yang ada dipasaran," jelas Gusti. 

Dirinya menambahkan selain membuat sofa dan roofrack warga binaannya juga melayani jasa deco dan repair mobil. Melalui Kemenkumham Legal Expo ini diharapkan masyarakat bisa mengetahui potensi dan bakat warga binaan pemasyarakatan sehingga tidak memandang mereka sebelah mata lagi

Bagikan berita melalui