BERIKAN PENGHORMATAN JASA-JASA PARA PAHLAWAN, RUTAN PALANGKA RAYA BERSIHKAN TAMAN MAKAM PAHLAWAN

03-08-2023 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Palangka Raya — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TENGAH

Palangka Raya - Pada hari Kamis tanggal 3 Agustus 2023 Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Palangka Raya bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah dan Unit Pelaksana Teknis Se-Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan bersih-bersih Taman Makam Pahlawan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap para pahlawan yang telah berjasa dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan negara Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Lahir Kemenkumham Ke-78 Tahun 2023.

Dalam upaya untuk mempertahankan nilai-nilai luhur perjuangan para pahlawan, Kanwil Kemenkumham Kalteng mengambil langkah nyata dengan melibatkan seluruh pegawai dan Unit Pelaksana Teknis di Kota Palangka Raya dalam membersihkan Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang.

Kakanwil Kemenkumham Kalteng, Hendra Ekaputra, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Instansi Pemerintahan untuk menjaga dan menghormati tempat peristirahatan terakhir para pahlawan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan nilai-nilai kepahlawanan dan semangat nasionalisme.

“Sebagian dari pegawai kita kerahkan untuk turun membersihkan Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, selain untuk menyambut hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, kegiatan bersih-bersih ini juga merupakan salah-satu agenda Hari Kementerian Hukum dan HAM (HDKD), sekaligus sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi antar pegawai serta memiliki rasa empati kepada para pahlawan yang telah gugur untuk memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia” ujar Kakanwil.

Kemudian untuk teknis dan mekanismenya, Hendra Ekaputra membagi petugas menjadi dua tim, ada yang bertugas membersihkan lingkungan dalam dekat makam dan ada yang bertugas membersihkan lingkungan luar.

Bagikan berita melalui