CEGAH TABUNG GAS MELEDAK, LPKA KELAS I MEDAN RUTIN LAKUKAN HAL INI

03-08-2023 - Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA UTARA

CEGAH TABUNG GAS MELEDAK, LPKA KELAS I MEDAN RUTIN LAKUKAN HAL INI

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan rutin melakukan perawatan dan pemeliharaan pada regulator tabung gas yang dimanfaatkan untuk memasak di setiap harinya bertempat di dapur LPKA Medan, Kamis (03/08/2023). Kegiatan ini dilakukan bertujuan sebagai pencegahan ledakan tabung gas yang disebabkan oleh adanya kebocoran pada bagian selang regulator tabung gas tersebut

"Agar terhindar dari kejadian mengerikan seperti kebakaran akibat ledakan tabung gas, kami tahu betul tentang cara merawat tabung gas, khususunya pada bagian selang regulator agar tidak bocor," ucap Tri Kurniawan salah satu petugas Dapur LPKA Medan.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk memastikan keamanannya, kami menggunakan selang regulator resmi yang memiliki logo Standart Nasional Indonesia (SNI). Setelah selang regulator memiliki standar keamanan yang sesuai, maka pasang secara erat selang regulator dengan penjepit regulator maupun kompor. Dalam hal ini untuk memastikan selang tidak tertindih atau tertekuk. Pasang regulator pada mulut tabung elpiji. Setelah posisinya pas dan erat, putar tuas pengaturnya yang berwarna hitam sehingga tanda panahnya mengarah ke bawah dan terdengar bunyi "klik". " Apabila ada suara mendesis, mungkin telah terjadi kebocoran pada karet penahan atau rubber seal. Kami biasa melepas regulator untuk mengganti karetnya, kemudian pasang lagi," ujar Tri Kurniawan.

Sementara itu, Kepala LPKA Medan Tri Wahyudi meminta kepada seluruh petugas terutama pada bagian dapur untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap pemanfaatan tabung gas sebagai bagian penting pada saat memasak, pastikan selalu menerapkan standar prosedur penggunaannya. "Dalam setiap penggunaannya harus mengikuti standar prosedur operasionalnya  dengan baik dan benar, jangan sampai terjadi ledakan atau kebakaran akibat kelalaian kita sendiri. Hal ini tersebut dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban di LPKA Medan," tegas Tri Wahyudi.

Selain pengecekan rutin, Tri Wahyudi juga menghimbau kepada petugas dapur agar meletakkan tabung gas di tempat yang kering dan aman, serta dengan sirkulasi dan ventilasi udara yang baik. Tabung gas harus dilindungi dari sumber panas eksternal. Selain itu, pastikan posisi tabung gas dalam posisi tegak dan di tempat aman agar tidak terjatuh," imbaunya. (Nshumaslpka)


Bagikan berita melalui